0
KURANG TIDUR BISA MENINGKATKAN RESIKO KANKER PAYUDARA PADA WANITA


Sampai saat ini,penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan dan paling ditakuti di dunia.Untuk para wanita sendiri,hampir sekitar 50 persen wanita yang menderita kanker meninggal akibat kanker payudara.

Berbicara mengenai kanker payudara,hal ini sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal. bisa saja terjadi karena faktor genetik turunan dari orang tua,atau karena pola hidup yang tidak sehat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kanker payudara sendiri seringkali disebabkan karena tubuh seseorang yang terlalu lelah dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup ketika malam hari.Kurangnya waktu tidur ketika malam hari juga bisa disebabkan karena kebiasaan kerja lembur,insomnia dan masih banyak lagi lainnya.

Berbicara mengenai kebiasaan lembur,para peneliti dari University of Oxford mengungkapkan bahwa ketika seorang wanita dibebani dengan sebuah pekerjaan yang menumpuk dan dituntut untuk lembur saat malam hari,hal ini sangat memungkinkan tubuh wanita mengalami penurunan kekebalan tubuh.

Pada saat kekebalan tubuh wanita itu menurun,hal ini akan sanagt memungkinkan tubuh wanita mudah terserang berbagai macam penyakit berbahaya.Dan salah satu penyakit berbahaya tersebut adalah kanker payudara.

Menurut Ruth Travis dari University of Oxford mengatakan bahwa “ketika seorang wanita melakukan lembur sampai larut malam,maka hal ini akan membuat jam tubuh alaminya menjadi terganggu.Dan hal ini juga sangat memungkinkan tubuh mengalami pertumbuhan sel kanker dan yang paling sering adalah munculnya sel kanker payudara.

Para peneliti yang melakukan penelitian sekitar 8 ribu wanita diberbagai kota besar di dunia,menemukan bahwa para penderita kanker banyak dialami oleh para wanita yang sering kali melakukan kerja lembur atau bekerja ketika malam hari.Kanker payudara sendiri juga ditemukan pada wanita yang tidak memiliki jam tidur yang cukup dan seringkali begadang ketika malam hari.

Untuk pencegahan risiko kanker payudara ini sendiri,sangatlah disarankan agar kita bisa menerapkan pola hidup sehat setiap harinya,dengan cara mengurangi kebiasaan kerja lembur sampai larut malam,memiliki waktu tidur yang cukup dan melakukan aktifitas olahraga yang cukup pula.Selain itu,kita semua juga disarankan untuk memperbanyak asupan konsumsi buah dan sayuran yang sehat serta tidak lupa untuk melakukan check up terhadap kondisi kesehatan tubuh kita.

Menjaga kesehatan tubuh tentunya lebih penting dan perlu diperhatikan oleh setiap orang. dengan kondisi kesehatan tubuh yang baik tentunya akan membuat tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit yang berbahaya seperti halnya penyakit kanker.Dengan memiliki waktu tidur yag cukup tentunya membuat kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top