0
PENJELASAN KENAPA PERUT BISA BUNYI SAAT KELAPARAN


Di kala lapar,perut kita pasti mengeluarkan bunyi.Kita biasanya menyebutnya dengan keroncongan.Sementara orang-orang Yunani menyebutnya borborygmi,yang juga merupakan istilah medis untuk perut keroncongan ini.

Suara keroncongan itu tidak tepat jika disebut berasal dari perut.Suara itu sebenarnya berasal dari gas berlebihan yang bergerak bolak-balik di dalam usus.

Perut keroncongan merupakan indikasi bahwa kita perlu makan agar usus mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.Segera setelah kita makan,makanan akan menenangkan suara keroncongan dan sistem pencernaan akan fokus pada menyerap nutrisi makanan daripada menggerakkan udara.

Tapi sekarang muncul pertanyaan,bagaimana udara ini bisa terjebak di dalam saluran pencernaan kita?

Nah,pernahkah Anda makan sambil berbicara?Inilah yang diyakini menjadi salah satu alasan utama udara masuk dan terjebak dalam saluran pencernaan kita.

Makan sambil berbicara memungkinkan udara masuk ke dalam saluran pencernaan kita.Selain itu,makan terlalu cepat atau minum air yang berlebihan juga memungkinkan udara masuk ke tubuh kita.

Proses yang membuat perut keroncongan

Proses yang mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut sedang lapar disebut proses migrating motor complex (MMC).Ini adalah proses di mana perut dan usus saling terlibat dalam merasakan ketidakhadiran makanan dalam tubuh.Dengan demikian,reseptor di dinding lambung menciptakan gelombang listrik dan memicu rasa lapar.Ingat,jika MMC tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan muntah,gangguan pencernaan,sakit perut dan mual.

Perut bisa keroncongan ketika penuh

Ya,keroncongan tidak hanya terjadi ketika Anda lapar.Tetapi dalam beberapa kasus,Anda mengalami hal yang sama ketika perut dalam keadaan kenyang.Mungkin banyak yang tidak menyadarinya karena volume suaranya memang relatif rendah.Bunyi perut ini adalah hasil dari makanan yang tidak tercerna dengan baik, karena usus lebih banyak menghasilkan gas.

Sindrom Iritasi Usus (IBS)

Biasanya,perut keroncongan tidak dianggap sebagaima salah kesehatan serius.Tapi dalam kasus ketika bunyi perut mengalami peningkatan yang signifikan,itu mungkin merupakan gejala dari gangguan pencernaan,sindrom iritasi usus atau bahkan serangan diare.

Makanan Manis Berbahaya

Jika Anda suka mengkonsumsi makanan manis,maka suara yang dihasilkan perut akan terdengar lebih keras.Alasannya jumlah gula yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan flatus (meningkatnya jumlah gas) yang mengakibatkan meningkatnya bunyi dalam usus.

Ada beberapa cara tertentu yang dapat mencegah perut keroncongan,seperti:

- Makan perlahan dan mengunyah makanan dengan benar.Hal ini akan membantu usus dalam mencerna makanan dan mencegahnya memproduksi gas yang tidak diinginkan dalam tubuh.

- Hindari makan sambil berbicara karena akan mencegah udara memasuki tubuh.

- Hindari juga minum sambil berbicara karena udara dapat masuk ke dalam tubuh.Saran berikut ini mungkin terdengar aneh tapi jika Anda minum air menggunakan sedotan,itu akan membatasi jumlah udara yang tertelan.

- Saat berolahraga jangan sampai hidrasi berlebihan karena napas yang berat selama latihan dapat memungkinkan udara masuk ke dalam tubuh.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top