0


Hampir sebagian besar dari buah dan sayuran akan membusuk sebelum waktunya, karena proses penyimpanan yang kurang tepat. Serta cara penyimpanan yang tidak baik juga bisa membuat makanan segar ini dengan cepat akan kehilangan nutrisinya.

Berikut adalah tips dan trik untuk menjaga beberapa buah-buahan dan sayuran agar tetap segar.

1. Berries : Bilas dengan air cuka



Sebelum Berries disimpan ke dalam lemari es, cuci strober, rasberry, dan buah-buahan lainnya dengan campuran cuka serta air dengan rasionya 1:3.

Cara ini hanya untuk menghindari jamur, sehingga dapat memperpanjang daya tahan hingga sepekan. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan.

2. Selada : Simpan dengan paper towel



Simpan sisa dari daun selada dalam mangkuk dengan paper towel dan taruh diatasnya. Dan kemudian tutup dengan bungkus plastik. Paper towel menyerap semua kelembapan, yang mengubah daun tersebut menjadi basah dan cokelat.

Dan pastikan ganti paper towel ketika sudah lembab. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan taburkan daun selada dengan sedikit garam.

3. Alpukat : Siram dengan air lemon 



Alpukat mengandung enzim yang menghasilkan sebuah pigmen coklat ketika terkena oksigen. Dan itulah mengapa ketika alpukat dibelah dua akan terlihat tidak menarik perhatian apabila tidak segera disimpan dengan baik.

Dan untuk menghindarinya, semprot alpukat dengan lemon atau air jeruk nipis. Karena Asam Sifrat akan membantu mencegah agar tidak menjadi coklat selama setidaknya satu hari.

Kamu pun juga bisa menyimpan irisan alpukat tersebut dengan potongan bawang besar. Gas tersebut membuat perih saat kita memotong bawang-bawang tersebut, bawang itu juga berfungsi mencegah oksidasi dalam alpukat. Dan pastikan bawang diletakkan didekat kulit alpukat, bukan daging, sehingga tidak mencemari sebuah rasa.

4. Wortel : Simpan didalam air



Saat kita membeli sebuah wortel, pastikan bahwa daun diatasnya tersebut sudah terpotong. Karena daun tersebut bisa mengambil Nutrisi di dalam buah oranye itu.

Untuk penyimpanan, Wortel akan lebih baik jika ditempatkan di kelembapan. Karena itu, kita bisa letakkan wortel tersebut didalam wadah yang berisikan air serta tutup dengan bungkus plastik, dan simpan di kulkas.

5. Lemon : Hindarilah untuk memotong nya setengah-setengah



Untuk kamu, jika hanya ingin meminum jus jeruk untuk resep ataupun minuman, tusukkan seluruh lemon dengan garpu atau tusuk sate. Bukan dengan memotongnya menjadi dua.

Dengan cara tersebut, kamu dapat memeras sesuai dengan yang kamu butuhkan tanpa mengeringkan seluruh isi lemon tersebut.

6. Bawang : Bungkus kedalam pantyhose



Kedengarannya memang sangat aneh, tetapi bahan seperti jala yang berkemungkinan cukup udara tersebut, sehingga membuat sayuran akan tetap segar.

Dan cukup hanya memasukkan bawang ke dalam pantyhose lalu ikat simpul pada bawang. Dan pastikan juga untuk menggunakan pantyhose yang baru, untuk menghindari bau pada kaki.

7. Kentang : Simpan dengan buah apel



Apel menghasillkan gas yang bernama ethylene yang bisa membuat kentang agar tetap segar selama lebih dari delapan pekan

8. Apel : Rendam dalam irisan air garam



Apel adalah makanan tipe ringan yang paling mudah serta dapat digunakan untuk salad. Namun, jika kita biarkan terlalu lama, apel tersebut juga akan berubah menjadi cokelat.

Oleh karena itu, rendam sisa-sisa irisan apel didalam mangkuk yang berisikan air garam dingin, untuk mencegah oksidasi (tetapi tidak lebih dari setengah sendok teh garam per liter air). Setelah lima menit, keringkan dan simpan irisan apel tersebut ke dalam lemari es , setelah itu masukkan kedalam kantong plastik kedap udara

9. Seledri : Bungkus menggunakan aluminium foil 



Tidak seperti hal nya kantong plastik, aluminium foil akan melepaskan gas ethylene yang mengering.

Dan ketika ethylene terperangkap ke dalam sebuah kantong plastik, maka bisa menyebabkan hilangnya kelembapan serta pembusukan yang terjadi sangatlah cepat.

10. Pisang : Bungkus batang pisang dengan bungkus plastik 



Gas ethylene dapat merusak warna pisang. Namun, kami bisa mengatasinya dengan memisahkan setiap pisang dari tandan dan membungkus setiap batang dengan bungkus plastik, sehingga menghentikan penyebaran gas.

Jika pisang sudah terlalu matang, kupas serta simpan pisang di dalam freezer.

11. Tomat : Jauhkan tomat dari kulkas serta ratakan ke bawah



Buah Tomat tidak suka dengan dingin. Jika ingin disimpan di kulkas, maka tomat tersebut akan kehilangan cita rasa serta tekstur yang ideal dari tomat tersebut.

Selain dari itu, ketika kita meninggalkannya tomat diatas meja, lepas batang yang terdapat pada tomat tersebut. serta letakkan batang nya di sisi bawah, karena bagian buah ini adalah bagian yang terakhir matangnya.

12. Asparagus : Simpan berdiri dalam secangkir air 



Asparagus sering mengering sebelum sempat kita masak, tetapi ada metode yang akan membuatnya cukup lembab. Sama seperti yang akan kamu lakukan ketika kamu menyimpan bunga, tempatkan asparagus tepatnya berdiri dengna tepian yang terendam dalam mangkuk atau cangkir air.

Letakkan cangkir air tersebut di lemari es, serta taruh kantong plastik dibagian atas pada sayuran.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top