0

Sungai Dekat Asrama Atlet Asian Games 2018 Ditutup Kain Hitam

Sungai Dekat Asrama Atlet Asian Games 2018 Ditutup Kain Hitam

Sungai Sentiong, Sunter, yang terletak di dekat asrama atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta Pusat, penuh dengan limbah dan menghasilkan bau busuk. Karena airnya yang gelap, orang-orang telah menjuluki sungai yang berbau busuk itu sebagai Kali Item atau sungai hitam.

Pemerintah kota menganggap bau akan merepotkan mengingat para peserta Asian Games akan tiba di ibukota bulan depan. Untuk mengatasi masalah itu, para pejabat kota menutup-nutupi sungai menggunakan jaring hitam.

“Sungai Sentiong biasa disebut Kali Item karena tingginya polusi,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jumat, 20 Juli. “Selama bertahun-tahun, warna [sungai] hitam dan bau.”

Anies mengatakan baunya kuat di siang hari karena penguapan dan angin. Dia menambahkan pemerintah telah berusaha untuk membendung masalah polusi di Kali Item dan meminta beberapa ahli lingkungan untuk mengatasinya. "Salah satu sarannya adalah untuk menutupi sungai sehingga mengurangi penguapan air," katanya.

Anies kemudian menginstruksikan stafnya untuk membungkus sungai dengan jaring raksasa. "Ini bukan tentang menutupi warna hitam sungai, tetapi juga bau," tambahnya.

Selain itu, Anies berencana mengerahkan pekerja untuk mengangkat sampah yang mengambang di sungai minggu depan. "Ini sedang dipersiapkan," kata Anies.

Pengaduan tentang bau Sungai Sentiong disuarakan oleh sekretaris Jakarta Saefullah ketika mengunjungi asrama atlet di Kemayoran pada 19 Juli. Isu sanitasi dan kerapian merupakan prioritas administrasi kota menjelang Asian Games pada Agustus 2018.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top