0

Menteri Perhubungan Diminta Meningkatkan Proyek Kereta Api Nasional

Menteri Perhubungan Diminta Meningkatkan Proyek Kereta Api Nasional

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diminta untuk meningkatkan kandungan lokal di beberapa proyek perkeretaapian nasional. Budi mengharapkan proyek kereta api tidak hanya menggunakan produk asing.

“[Misalnya] menyediakan komponen kecil dalam infrastruktur kereta api,” kata Budi ketika ditemui di acara kereta api Indonesia di Grandhika Iskandarsyah Hotel, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 Juli.

Kementerian Perhubungan baru-baru ini memulai beberapa proyek kereta api di beberapa daerah, seperti light rail transit (LRT) di Medan, Bandung, dan Surabaya. Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia dilaporkan akan mendanai proyek tersebut.

Kementerian akan mencari sumber pendanaan untuk kereta logistik di Kalimantan dan Makassar ke Parepare serta rel kecepatan tinggi Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya.

Budi menyebutkan penggunaan konten lokal dalam pembangunan kereta api di bawah manajemen perusahaan kereta api negara Industri Kereta Api (Inka) didominasi oleh komponen dari luar negeri. "Inka hanya menggunakan 35 persen [konten lokal]," katanya, mengharapkan angka itu akan mencapai 40 hingga 50 persen.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, beberapa perusahaan lokal termasuk Len, Narata Indonesia, dan Pindad mulai memproduksi komponen lokal untuk kereta api dari mana Inka nantinya akan memenuhi kebutuhannya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top