0

BKIPM: CACING PARASIT DI KALENG SARDEN MACKEREL AMAN DIKONSUMSI

BKIPM: CACING PARASIT DI KALENG SARDEN MACKEREL AMAN DIKONSUMSI

Masyarakat kini sadar akan makarel kalengan berikut penyingkapan kasus bahwa produk terkontaminasi dengan cacing gelang. Kementerian Perikanan dan Kelautan menyatakan bahwa mengkonsumsi ikan kaleng yang terkontaminasi cacing parasit tidak akan membahayakan kesehatan manusia sehingga tidak hidup.

Mengacu pada bimbingan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), Badan Inspeksi Karantina Ikan (BKIPM KKP) menunjukkan tidak ada bahaya cacing yang terserang ikan kaleng ke tubuh manusia. Produk diproses di bawah suhu tinggi dan ditekan sehingga membunuh cacing parasit.

Kepala BKIPM KKP, Widodo Sumiyanto, menjelaskan tiga jenis regulasi pangan secara umum; keamanan pangan, penipuan ekonomi, dan sehat.

“Cacing yang penuh pada produk kalengan ada di tipe ketiga. Itu tidak membahayakan tubuh manusia, tetapi orang mungkin menganggapnya tidak menyenangkan, ”kata Widodo.

Lebih lanjut ia menjelaskan produk ikan kaleng apa yang tidak boleh dikonsumsi; jika kaleng melotot keluar, yang berarti pasti ada organisme yang hidup di dalam kaleng, dan jika produknya bocor, di mana dimungkinkan organisme lain masuk ke dalam kaleng. Sementara itu, jika produk kaleng mati karena tekanan, ikan di dalamnya masih aman dikonsumsi.

Widodo menyatakan ekspor produk ikan kalengan Indonesia pernah ditolak oleh negara tujuan. "(Alasannya) bukan karena produknya bebas dari organisme parasit, tetapi mungkin karena organisme yang mati tidak lagi menjadi masalah," tegasnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top