0

MK SIAP DALAM MENANGANI PERSELISIHAN DI PEMILU 2018

MK SIAP DALAM MENANGANI PERSELISIHAN DI PEMILU 2018

Mahkamah Konstitusi telah menyatakan kesiapan untuk menangani perselisihan yang mungkin muncul dari pemilihan daerah pada bulan Juni, kata hakim pengadilan Arief Hidayat di Jakarta, Selasa.

"Kami sudah menyiapkan diri jika terjadi perselisihan, kami sudah menyiapkan semua instrumen hukum yang dibutuhkan," katanya usai bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Sampai hari ini kita sudah mengetahui instrumen yang diketahui semua pihak termasuk panitia penyelenggara, Bawaslu, Bawaslu, dewan etik pemilihan umum dan Komisi Pemilihan Umum," katanya. Dia juga mengatakan bahwa kandidat dan pengacaranya juga telah diberitahu tentang hal itu sehingga mereka dapat menerapkan prosedur pengadilan dengan baik.

"Dari sisi sistem kami mencoba membangun penyelesaian sengketa yang baik seperti meminta lembaga anti-korupsi KPK untuk mengiringi pengadilan untuk memantau bersama wartawan agar tidak terjadi kasus yang mungkin terjadi saat persidangan," katanya.

Arief mengatakan pada pertemuan dengan Presiden bahwa dia memintanya untuk mencari pengganti keadilan Maria Farida yang akan menyelesaikan masa jabatannya pada Agustus 2018 atau saat hasil pemilihan diumumkan.

Sebanyak 171 daerah akan menyelenggarakan pemilihan untuk memilih gubernur provinsi, bupati dan walikota secara bersamaan pada tanggal 27 Juni.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top