0

KEBUN KULON PROGO YANG MELAYANI KULINER DARI BAHAN TEH

KEBUN KULON PROGO YANG MELAYANI KULINER DARI BAHAN TEH

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, mengimbau penduduk setempat untuk menyajikan kuliner berbasis teh di kawasan wisata kebun teh Nglinggo di Samigaluh.

Kepala divisi Dinas Perkebunan Widi Astuti mengatakan tempat wisata itu akan menyajikan nasi goreng teh hijau, teh hijau kolang-kaling (sejenis manis yang dibuat dari biji sawit), dan makanan ringan lainnya yang dipadukan dengan bubuk teh. "Termasuk berbagai minuman teh," katanya di Kulon Progo hari ini, 26 April.

Untuk mencapai tujuan tersebut, agensi mengadakan workshop tentang budidaya teh kepada petani teh di Tegal Subur, Samigaluh yang melibatkan ahli. “Kami mengundang ahli teh dari Bandung, [Jawa Barat],” kata Widi, menambahkan bahwa pelatihan sebagai program tindak lanjut rehabilitasi tempat produksi teh di wilayah tersebut.

Para ahli dari Bandung dipilih mengingat perkebunan teh di wilayah ini dikelola oleh profesional; mulai dari teh putih hingga kebun teh premium. Teh juga diproses sebagai bahan dasar makanan, kata Widi. Sementara itu, pemerintah setempat juga mengundang para ahli untuk melihat rumah produksi teh di Kulon Progo.

Widi mengakui kebun teh di Kulon Progo belum dikelola dengan baik karena para petani menjalankannya secara tradisional. Misalnya, petani mencampurkan panen teh putih, premium hingga teh sedang. "Ini adalah titik terlemah dari produk teh di Kulon Progo," tambahnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top