0

RUPIAH TURUN 15 POIN DENGAN KURS RP 13.759 PER DOLLAR

RUPIAH TURUN 15 POIN DENGAN KURS RP 13.759 PER DOLLAR


Rupiah Indonesia jatuh 15 poin terhadap dolar AS untuk ditutup pada Rp13.759 di pasar spot antarbank Jakarta pada Rabu malam setelah diperdagangkan pada Rp13.744 sebelumnya. Menurut pengamat Rully Nova, faktor eksternal, khususnya perang dagang tetap menjadi salah satu faktor penyebab nilai tukar rupiah melemah di pasar uang.

"Banyak pelaku pasar masih khawatir tentang dampak perang perdagangan terhadap ekonomi global, yang mungkin sangat mengganggu pertumbuhan ekonomi domestik," pengamat Bank Woori Saudara Indonesia Tbk mengatakan pada hari Rabu.

Sentimen terhadap kenaikan Fed Rate tahun ini dan sikap agen pasar untuk menunggu pembayaran non-farm payroll (NFP) AS juga mempengaruhi pergerakan rupiah, katanya. "Laporan NFP adalah salah satu masalah yang banyak ditunggu karena itu adalah indikator ekonomi AS," katanya.

Di sisi domestik, tingkat inflasi yang terkendali mencapai 3,40 persen tahun ke tahun dan cadangan devisa cukup tinggi yang mencapai US $ 128,06 miliar pada Februari 2018 menunjukkan ekonomi domestik yang kondusif.

"Sentimen domestik masih cukup kondusif, sehingga mencegah rupiah dari depresiasi lebih lanjut," katanya. Menurut kurs tengah Bank Indonesia pada hari Rabu, rupiah menguat menjadi Rp13.760 dari Rp13.765 per dolar sebelumnya.



Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top