0

MENDAGRI MENDAPATKAN KONTEN MENARIK DENGAN PEMILU 2018

MENDAGRI MENDAPATKAN KONTEN MENARIK DENGAN PEMILU 2018

Menteri Dalam Negeri Indonesia Tjahjo Kumolo menilai bahwa pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada hari Rabu telah berjalan lancar. “Umumnya tidak ada masalah, berjalan lancar dan aman,” kata Tjahjo di Jakarta hari ini, 29 Juni.

Tjahjo mengatakan bahwa pemerintah akan mengawasi tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu serentak kemarin dan akan menunggu laporan lebih lanjut tentang politik uang untuk masuk ke meja pemerintah jika ada.

"Dewan pemantau pemilu akan melihat apakah kampanye menyebarkan kebencian," jelasnya. Tjahjo menyarankan bahwa laporan lengkap Pilkada 2018 akan digunakan oleh pemerintah untuk menghadapi Pemilihan Presiden 2019 yang akan datang.

Unsur-unsur lain dalam Pilkada yang Menteri Tjahjo lihat positif adalah bahwa hal itu berjalan secara demokratis dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), polisi, dan Aparatur Sipil Negara mampu menjaga netralitas dalam pemilihan.

Namun, Menteri Tjahjo menilai bahwa pemilihan daerah lebih terasa seperti pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Pilkada tahun 2018 (Pilkada) diadakan di 171 daerah di 34 provinsi, di mana 17 di antaranya memilih untuk gubernur, 39 daerah memilih seorang walikota, sementara sisanya dari 115 kabupaten memilih bupati.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top