0

WISATAWAN DAPAT PERIKSA KELAYAKAN BUS DARI SCAN BARCODE

WISATAWAN DAPAT PERIKSA KELAYAKAN BUS DARI SCAN BARCODE

Wisatawan yang menuju ke kampung halaman mereka dengan bus selama liburan Idul Fitri akan dapat memverifikasi keamanan moda transportasi mereka dengan memindai stiker yang ditempelkan di kaca depannya.

Kendaraan yang telah dinyatakan "layak untuk perjalanan" ditandai dengan stiker yang menampilkan barcode, yang menandakan bahwa mereka telah melewati pemeriksaan ramp, menurut Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto

"Kami memberikan stiker ke bus yang telah memenuhi semua kriteria keselamatan," kata Christianto kepada kompas.com di terminal bus Lebak Bulus di Jakarta Selatan, Jumat. Christianto menjelaskan bahwa pemeriksaan ramp mengevaluasi kondisi komponen bus, seperti lampu depan, rem, kaca depan, ban, dan peralatan pendukung lainnya.

Pemeriksaan yang dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan - dilakukan oleh unit khusus yang menangani pemeriksaan kendaraan (UP PKB) dan beroperasi di bawah badan transportasi kota.

Menurut Varingga Bagus, salah satu petugas pemeriksaan, stiker "cocok untuk bepergian" memiliki barcode yang "mencegah pemalsuan [stiker]". Penumpang dapat memeriksa validitas stiker dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi "Aplikasi Cek Hasil Rampcheck Kendaraan Angkutan" ke ponsel mereka dari Play Store atau App Store.

Mereka kemudian dapat memindai barcode dengan aplikasi. "Selama informasi [bus] ada dalam database, penumpang dapat memeriksa [keamanan bus] sendiri," Varingga menjelaskan.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top