0

FILIPINA DAN CHINA SEKARANG AKAN EKSPLORASI LAUT BERSAMA-SAMA

FILIPINA DAN CHINA AKAN EKSPLORASI LAUT BERSAMA-SAMA

Filipina dan China sedang dalam pembicaraan untuk bersama-sama mengejar eksplorasi minyak dan gas di perairan Laut Cina Selatan yang disengketakan, Sekretaris Luar Negeri Alan Peter Cayetano mengatakan pada hari Jumat.

"Saya dapat memberitahu Anda bahwa kami mengejarnya secara agresif karena kami membutuhkannya," kata Cayetano kepada wartawan. Filipina akan menyelesaikan dalam waktu tiga bulan kerangka hukum yang memungkinkan dilakukannya eksplorasi bersama, katanya.

Pejabat Filipina dan China bertemu di Manila minggu ini untuk membahas inisiatif bersama karena kedua negara berusaha untuk melihat masalah maritim yang diperdebatkan sebelumnya. China mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan, sementara Filipina pada 2016 memenangkan sebuah keputusan pengadilan internasional yang menolak pernyataan China terhadap wilayah tersebut. Duta Besar Manila untuk Beijing, Chito Sta. Romana, pada 15 Februari mengatakan sebuah kelompok yang mempelajari kemungkinan eksplorasi bersama dapat muncul dengan temuannya pada awal tahun ini.

Cayetano mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengeksplorasi sumber energi baru seperti ladang gas Malampaya, yang memasok beberapa pembangkit listrik di Filipina, pada akhirnya akan kehabisan pasokan.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top