0

KPK AKAN PANGGIL DUA PEJABAT GARUDA INDONESIA

KPK AKAN PANGGIL DUA PEJABAT GARUDA INDONESIA

INTERQQ - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengajukan pertanyaan kepada dua pejabat pembawa bendera Garuda Indonesia sebagai bagian dari penyelidikan kasus korupsi yang melibatkan mantan direktur utama perusahaan Emirsyah Satar.

Kedua pejabat tersebut adalah wakil presiden perusahaan untuk perencanaan perusahaan, Setijo Awibowo, dan direktur strategi, pengembangan bisnis dan manajemen risiko Achirina.

"Mereka akan ditanyai terkait dugaan ESA," kata juru bicara KPK Febri Diansyah, seperti dikutip kompas.com di Jakarta, Selasa. Emirsyah telah terlibat dalam kasus penyuapan terkait pengadaan mesin Rolls-Royce di Garuda Indonesia.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Emirsyah diduga telah menerima suap dalam bentuk transfer tunai dan aset yang diperkirakan bernilai lebih dari US $ 4 juta, setara dengan Rp 52 miliar, dari perusahaan Rolls-Royce yang berbasis di Inggris.

Selain Emir, KPK juga menamai pengusaha Soetikno Soedarjo sebagai tersangka. Soetikno adalah pemilik saham dari Connaught International Pte Ltd yang diduga berperan sebagai perantara dalam penyuapan.

KPK menduga penyuapan tersebut terkait dengan pengadaan mesin Rolls-Royce untuk pesawat Airbus milik Garuda Indonesia selama periode 2005-2014. Diduga uang dan aset tersebut diberikan oleh Rolls-Royce kepada Emir dengan harapan perusahaan Inggris tersebut bisa menjadi pemasok mesin pesawat terbang untuk kapal induk nasional. (

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top