0

KOTA YOGYAKARTA AKAN BERTRANSFORMASI MENJADI SILICON VALLEY INDONESIA

KOTA YOGYAKARTA AKAN BERTRANSFORMASI MENJADI SILICON VALLEY INDONESIA
Pemerintah Provinsi DIY nantinya mengubah 385 hektar lahan di Piyungan, Kabupaten Bantul, dan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, menjadi pusat teknologi serupa dengan Silicon Valley di San Francisco Bay Area di Amerika Serikat.

"Kedua lokasi tersebut siap menjadi Silicon Valley of Indonesia," kata Asisten Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Budi Wibowo, di Yogyakarta, Rabu seperti dilansir kantor berita Antara.

Ia mengatakan kawasan tersebut akan diubah menjadi kawasan industri yang akan menjadi pusat mode, kuliner, kerajinan tangan, animasi dan permainan serta usaha kreatif lainnya. "Tidak akan ada pabrik manufaktur besar," tambahnya.

Kedua wilayah tersebut - 335 hektar di Bantul dan 50 hektar di Kulon Progo - telah lama menjadi subyek rencana pembangunan.

Budi mengatakan, pemerintah provinsi dan daerah akan bekerja sama dengan investor yang ingin berbisnis di dua wilayah tersebut, yang pembangunannya akan dimulai oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 12 Maret.

Selanjutnya, dia mengatakan, pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Bantul dan Kulon Progo mengenai rencana penerbitan izin usaha untuk memastikan proses investasi yang cepat dan lancar.

Dia mengatakan penyewa lembah digital akan menjadi usaha kecil dan menengah (UKM) yang fokus pada bisnis kreatif. "Kami memiliki 524.395 UKM yang mendominasi pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta," tambahnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top