0

PEMERINTAH SEMENTARA HENTIKAN SEMUA PROYEK JALAN LAYANG DI RI

PEMERINTAH SEMENTARA HENTIKAN SEMUA PROYEK JALAN LAYANG

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan telah menghentikan semua proyek jalan yang ditinggikan menyusul serangkaian kecelakaan konstruksi.

"Kami membicarakan hal tersebut dengan Menteri [Basuki Hadimuljono] pagi ini. Instruksi pertama darinya adalah menghentikan semua proyek yang ditinggikan sampai kontraktor dan [pengembang] menyerahkan secara rinci metode kerja dan pemantauan mereka untuk membuktikan apakah mereka telah melakukan pekerjaan dengan benar, "kata direktur jenderal pembangunan jalan Kementerian Perindustrian, Arie Setiadi Moerwanto, pada Selasa.

Pada hari Selasa pagi, bekisting bek tengah di jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) ambruk di Kebon Nanas, Jakarta Timur, menabrak tujuh pekerja. Semua korban dilaporkan dalam kondisi kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit UKI di Cawang, Jakarta Timur.

Arie mengatakan kemungkinan penyebab kecelakaan itu adalah kegagalan melempar cetakan. Oleh karena itu, kementerian tersebut berencana untuk mengevaluasi semua proyek untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di masa depan.

"Kami tidak tahu berapa lama evaluasi akan berlanjut namun kami akan mengumpulkan semua data yang kami butuhkan dan memberikan pelepasan rinci sesegera mungkin bersamaan dengan tindakan perbaikan," Arie menambahkan.

Pembangunan jalan tol sepanjang 11 kilometer tersebut telah dihentikan sekitar 20 tahun sebelum dilanjutkan pada bulan November 2014. Proyek ini dilaksanakan oleh perusahaan konstruksi Waskita Karya dengan nilai kontrak sebesar Rp 7,23 triliun (US $ 532,9 miliar).

Pada minggu pertama bulan Februari, sebuah peluncur girder runtuh di lokasi konstruksi proyek rel kereta api quadruple di Matraman, Jakarta Timur, menewaskan empat pekerja dan melukai lima lainnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top