0


Jepang berencana untuk membeli jet tempur F-35 dalam jumlah besar. Demikian keterangan Presiden Amerika Serikat (AS) Dinald Trump. Dalam kunjungan kenegaraan ke Tokyo dan bertemu Perdana Menteri Shinzo Abe, Trump mengumumkan rencana nya untuk membeli 105 unit jet tempur itu.


“Pembelian itu akan membuat Jepang menjadi sekutu AS yang mempunyai armada F-35 terbesar,”puji Trump, Senin (27/5). Di tengah pembahasan berbagai isu, Trump menjelaskan teknologi siluman yang di miliki F-35.”Fakta disebut siluman karena anda tak dapat melihatnya,”kelakar dia.

Presiden ke-45 AS itu mencatat selain membeli jet tempur generasi ke lima itu Jepang juga merupakan salah satu konsumen senjata terbesar AS sepanjang 2018. Kesepakatan yang di prediksi bakal menelan anggaran hingga 10 miliar dollar AS, sekitar RP 143,9 Triliun, telah di bahas sejak Desember 2018 ketika Tokyo menyepakati penambahan matra udaranya.

Unit F-35 pertama yang di peroleh Jepang di laporkan di dera masalah teknis yang menghasilkan tujuh pendaratan udara selama dua tahun terakhir. Insiden terakhir terjadi April lalu di mana F-35 varian A jatuh di perairan utara Jepang, hasil penelidikan mengungkapkan adanya masalah navigasi dan system pendingin.

Pada 2017, Pentagon menemukan adanya 2.769 kekurangan dalam performa F-35. Beberapa F-35 mempunyai masa operasional empat kali lebih pendek dari 8.000 penerbangan yang di harapkan. Selain itu program senjata yang di sebut termahal dalam senjata AS tersebut di laporkan mengalami system akurasi yang benar-benar  tidak bisa di terima.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top