0


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pidjiastuti memimpin penenggelaman 13 kapal nelayan asing berbendera Vietnam di Pulau Datuk, kabupaten Mempawah, Kalimantan barat, Sabtu (4/5). Sedianya, ada 51 kapal yang siap di tenggelamkan, namun penenggelaman akan di lakukan terhadap satu bulan ini.

“Dalam satu bulan ini, ada 51 kapal asing yang akan kami tenggelamkan secara bertahap,”kata Susi di Dermaga Statiun PSDKP Pontianak, Sabtu (4/5). Menurut dia, kehadiran nya dalam prosesi tersebut untuk memastikan kapal tersebut benar-benar di tenggelamkan.

“Kami pernah menemukan kapal yang pernah di tangkap itu di tangkap lagi ucapnya. Selain itu, dia juga bertemu dengan para penegak hukum di Kalbar dan memastikan perkara ini di tangani dengan baik. Saat ini masih ada 90 kapal asing yang belum inkrah. Ada yang dalam proses banding, ada yang kasasi,”ujarnya.

Dia berharap, putusan ke-90 kapal itu itu nantinya di menangkan oleh Negara, agar dapat segera di tenggelamkan. Selain jajaran Kementerian Kelautan dan perikanan,, penenggelaman kapal itu juga di ikuti Gubernur Kalbar Sutarmidji, Kajati Kalbar Baginda polin Lumban Gaol, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, dan Wakasal  Laksamana Madya Wuspo Lukito.

Ke Pulauan datuk, rombongan berangkat dari dermaga Satatiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, menggunakan lebih dari tiga buah kapal, menempuh perjalanan laut selama hampir 3 hari.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top