0
PULAU SERIBU KEKURANGAN LAHAN MAKAN, AHOK JANJIKAN AKAN ADA LAHANNYA
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soemarsono menghadiri Musrembang ( Musyawarah Rembuk Daerah ), disana dia mendapatkan keluhan bahwa wilayah paling utara Jakarta ini masih kekuragan lahan untuk pemakaman. Menurut warga hal ini telah pernah disampaikan pada Gubernur Pertahana Basuki Tjahja Purnama atau lebih dikenal sebagai Ahok.

Menurut Pasangan Nomor Urut dua ini mereka telah menyiapkan lahan untuk pemakaman ini. Calon Gubernur DKI jakarta ini juga menyampaikan telah memperhatikan masalah ini sebelum warga memberitahukan padanya. Saat di temui di Menteng, Jakarta Pusat Ahok menyampaikan " lahannya sedang kita cari apabila nantinya sudah dapat yang strategis maka akan segera kami beli, dan sesegera mungkin akan kami proses ".

Pemprov DKI Jakarta berjanji akan segera membeli tanah tersebut, namun Mantan Politisi dari Partai Gerindra ini tidak berani memastikan dimana letak pastinya dari pada lokasi yang akan mereka beli nantinya. Pada kunjungan Plt Soemarsono di Pulau Seribu  dirinya mendapati keluhan warga mengenai susahnya lahan untuk menguburkan warganya, mereka juga sempat berujar bahwa sempat ada warga yang bingung akan dikebumikan dimana.

Pada Musrenbang pada kantor di Pulau Seribu, warga menyampaikan aspirasinya " jika ada warga yang ingin dikebumikan maka mereka harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari ahli waris, sementara anak dari ahli waris terlalu banyak ada yang mengijinkan ada yang tidak. Jika kira lihat dari sisi agam hal ini menjadi masalah ". Kebingungan warga ialah dengan penduduk sekitar 20.000 jiwa ini dengan pulau yang kecil mereka tidak memiliki lahan untuk pemakaman yang luas.

Warga Kepulauan Seribu juga mengeluhkan prasarana pengangkut jenazah ke pulau seribu. Apabila ada warga yang meninggal dunia di Jakarta maka mereka sendiri sering mengalami kesulitan. Tidak jarang mereka harus menggunakan kapal wisata namun pastinya para penumpang merasa keberatan untuk sekapal dengan jenazah. Ada pula kesulitan mengangkut jenazah dari pulau satu ke pulau lainnya.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta berjanji akan menyediakan kapal jenazah dimana pada saat ini baru ada dua kapal jenazah saja. Plt Soemarsono sendiri berjanji akan segera menyediakan lebih banyak lagi nantinya. Pelasana tugas Gubernur Soemarsono juga mengimbau agar tiap pulau nantinya meiliki tempat pemakanan umum sendiri agar tidak perlu berpindah pulau untuk memakamkan jenazah.

" Untuk kapal jenazah sendiri pengadaan mimpi dari masyarakat pulau seribu sedang dalam proses realisasinya. Nantinya minimal akan ada dua buah kapal pengangkut jenazah kapal itu akan ada pada pulau yang memiliki tempat pemakaman umum," tutup Soemarsono.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top