0

Cumasi merupakan jenis durian yang biasanya juga di kenal dengan nama durian tai babi, dimana durian tai babi ini adalah durian yang khas dari Provinsi Bangka Belitung yang biasanya memiliki harga yang cukup merogoh kocek yaitu sekitar 300.000 rupiah per buahnya.

"Cumasi merupakan jenis durian yang cukup mahal karena selain buahnya sedikit langka, rasanya juga lebih enak dibanding buah durian jenis lainnya," ujar salah seorang pedagang durian di Pangkalpinang, Imron.

dirinya mengatakan bahwa walaupun harga dari durian tersebut cukup mahal dan merogoh kocek akan tetapi durian tersebut selalu menjadi buah buruan para masyarakat sekitar serta para pendatang yang penasaran akan rasa dari durian tai babi tersebut.

"Musim durian yang bertepatan dengan musim liburan Tahun Baru 2017 memberikan efek yang positif, karena selain masyarakat lokal pembeli juga banyak yang datang dari daerah luar, bahkan ada yang dari luar negeri. Ini memberikan keuntungan yang lebih bagi kita," ujarnya.

Jika hanya di perhatikan dari bentuknya saja, durian tai babi ini terlihat tidak memiliki bentuk yang spesifik dan hanya terlihat sama saja dengan durian jenis lainya. Akan tetapi lidah memang tidak pernah bohong, rasa dari durian tai babi ini ternyata benar - benar nikmat , manis bercampur pahit, legit, serta biji kecilnya yang di bungkus oleh daging tebal membuat penikmat durian ini tidak berhenti makan.

"Kalau urusan rasa, durian Cumasi tidak tertandingi oleh durian jenis lain. Tidak banyak masyarakat yang menanam durian ini sehingga buahnya sedikit langka dan hanya ada di beberapa desa saja," katanya.

Juga tidak semua pedagang menjualnya, terkecuali jika ada pembeli yang memesannya. "Biasanya kita ambil durian Cumasi berdasarkan pesanan saja karena pembelinya rata-rata masyarakat kalangan menengah ke atas," ujarnya.



Doni yang merupakan seorang pembeli durian tai babi pun menyatakan bahwa durian tai babi tersebut memang benar - benar nikmat, tidak bisa di sama kan dengan durian jenis lainya yang ada di pasaran Indonesia.

"Saya sudah pernah merasakan durian ini. Karena rasanya yang enak membuat saya ingin membeli lagi. Rasanya berbeda dengan durian lainnya. Durian yang ada di Bangka semuanya enak berbeda dengan daerah lain," katanya.



Walaupun harganya sangat mahal, Namun pembeli tidak akan pernah merasakan rasa kecewa sejak gigitan pertamanya. "Harga yang mahal setara dengan rasa dan kenikmatannya," katanya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top