0

MENGENAL BAKPIA, KUE YANG BERASAL DARI CHINA



Pengunjung ke Yogyakarta mungkin pernah mendengar bakpia, pastry berbentuk bulan purnama dengan pasta kacang hijau. Meski suguhan manis ada di antara ikon-ikon Yogyakarta, bakpia sebenarnya memiliki pengaruh China.

Pertama kali diperkenalkan sekitar awal abad ke-20, namanya berasal dari kata Hokkien, yang secara harfiah berarti kue dengan daging babi. Di masa lalu, itu tidak sepopuler kue bulan atau noki goyang Tahun Baru Imlek (kue ketan).

Popularitas Bakpia meningkat pada tahun 1940-an, karena produsen seperti Kwik Sun Kwok, mengganti bakpia dari daging babi menjadi pasta kacang hijau, yang memungkinkan komunitas Muslim untuk juga menikmati kue tersebut.

Maju cepat ke tahun 1980an, Yogyakarta, khususnya daerah Pathuk dan Ngampilan, telah menjadi pusat bakpia, dengan banyak rumah menjual kue tersebut. Untuk membedakan bakpia mereka dari tetangga mereka, pembuat bakpia menggunakan nomor rumah mereka sebagai nama merek mereka.

Selain Yogyakarta, Surakarta di Jawa Tengah juga dikenal dengan bakpia. Di Balong, kota Chinatown, bakpia adalah makanan pokok untuk penjual dan pembeli di Pasar Gede. Kue ini juga biasa ditemukan di altar Cina atau diberikan sebagai hadiah meriah selama festival tradisional Tiongkok.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top