0

CHINA TELAH LUNCURKAN SATELIT UNTUK MELIHAT SISI GELAP BULAN

CHINA TELAH LUNCURKAN SATELIT UNTUK MELIHAT SISI GELAP BULAN

China meluncurkan satelit relai lebih awal pada hari Senin yang dirancang untuk membangun hubungan komunikasi antara bumi dan probe bulan yang direncanakan yang akan mengeksplorasi sisi gelap bulan, kantor berita resmi Xinhua mengatakan.

Mengutip Administrasi Ruang Angkasa Nasional China, Xinhua mengatakan satelit itu diluncurkan pada pukul 5:28 pagi (2128 GMT Minggu) pada roket Long March-4C dari pusat peluncuran Xichang di barat daya negara itu.

"Peluncuran ini merupakan langkah kunci bagi China untuk mewujudkan tujuannya menjadi negara pertama yang mengirim penyelidikan ke tanah lunak dan menjelajahi sisi jauh dari bulan," kata Xinhua mengutip Zhang Lihua, manajer proyek satelit relai, sebagai pepatah.

Dikatakan satelit, yang dikenal sebagai Queqiao, atau Jembatan Magpie, akan menetap di orbit sekitar 455.000 km (282.555 mil) dari bumi dan akan menjadi satelit komunikasi pertama yang beroperasi di sana.

China bertujuan untuk mengejar ketinggalan dengan Rusia dan Amerika Serikat untuk menjadi kekuatan ruang besar pada tahun 2030. Ia berencana untuk meluncurkan pembangunan stasiun angkasa berawak sendiri tahun depan.

Namun, sementara Cina bersikeras bahwa ambisinya murni damai, Departemen Pertahanan AS telah menuduh mereka melakukan kegiatan yang bertujuan mencegah negara-negara lain menggunakan aset berbasis ruang selama krisis.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top