0


Kementrian Luar Negeri RI menyatakan ke empat jenazah warga Indonesia korban kecelakaan bus karyawan Malaysia Airlines (MAS) Cargo akan segera di pulangkan Kamis (11/4) medatang, insiden itu terjadi dekat Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Direktur perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, lalu Muhammad Iqbal, mengatakan keempat jenazah tersebut berasal dari Sumatera Barat.”Rencana nya jenazah akan di terbangkan dengan pesawat Malaysia Airlines MH860 Kuala Lumpur-Medan, Pukul 08.30, hari Kamis Tanggal 11 April 2019,”kata Iqbal melalui pernyataan, Selasa (9/4).

Iqbal menyatakan proses administrasi pemulangan empat jenazah korban kecelakaan itu sudah selesai. Kecelakaan terjadi pada Minggu (7/4) pecan lalu saat bus tersebut sedang dalam perjalanan dari asrama karyawan di Nilai , Negeri Sembilan, menuju lokasi MAS Cargo Complex.

“Bus hilang kendali dan akhirnya jatuh ke selokan,”kata Iqbal. Berdasarkan keterangan yang dihimpun Kemlu RI, bus tersebut mengangkut 43 karyawan, seluruhnya warga negara asing. Sementara itu sang sopir berkebangsaan Malaysia.

Selain empat WNI tewas, sebelumnya iqbal menuturkan ada sepuluh WNI lain yang mengalami luka-luka akibat kecelakaan itu. Mereka di rawat di sejumlah rumah sakit di Malaysia yakni RS Serdang, RS Putrajaya, RS Banting, dan RS Kajang. Kabar terakhir menyebutkan total korban akibat kecelakaan itu adalah 12 orang, termasuk pengemudi. Sedangkan 32 korban luka telah di rawat di rumah sakit.

“Segera setelah menerima berita tersebut, Tim Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur mengunjungi WNI yang meninggal maupun di rawat,”tutur Iqbal. Selain itu KBRI juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan dan otoritas setempat untuk memastikan semua korban mendapatkan hak-haknya. KBRI juga memastikan agar jenazah para ,korban WNI dapat segera di pulangkan ke Indonesia.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top