0


Sebuah meteor yang berwarna hijau terang melintas Atlantika pada Selasa malam. Menurut laporan AccuWeather, Kamis (18/4) fenomena ini di saksikan sebanyak ratusan orang. Bola api atau meteor yang berwarna hijau itu menerangi seluruh langit di kawasan Carolina Selatan ketika terbakar memasuki atmosfer Bumi.

Kalau biasanya meteor melesat dengan sangat cepat, menurut video yang merekam kejadian tersebut bola api hijau terlihat selama hampir 10 detik. Meski terbakar di dekat pantai New Jersey, bola api terletak ratusan mil jauhnya. Banyak laporan di halaman American Meteor Society (AMS), meteor melesat keluar dari area Washington DC da nada yang melintas di Carolina Selatan kemudian utara Vermont.

Cahaya dari bola api ini di yakini sangat kuat sehingga detector petir pada satelit cuaca GOES-16 dapat mendeteksi bola api itu. Para saksi mata melaporkan meteor yang berwarna biru kehijauan, dan ada satu orang yang mengaku dapat mendengar suara ledakannya.

Warna meteor saat masuk ke Atmosfer Bumi pada dasarnya berkaitan dengan komposisi kimianya. Bahan dan elemen yang berbeda akan memancarkan warna yang berbeda pula. Untuk di ketahui, ada ribuan meteor yang memasuki atmosfer setiap harinya, namun kebanyakan tidak terlihat.

“Beberapa ribu meteor yang masuk ke armosfer bumi setiap hari. Akan tetapi sebagian besar terjadi di lautan atau di wilayahtak berpenghuni, dan banyak yang tertutup cahaya matahari,”jelas AMS.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top