0


Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, kim Jung un, mengucapkan selamat ulang tahun kepada nya melalui sebuah surat yang di kirim pada awal bulan ini.”Kim Jong Un benar mengirimi saya ucapan selamat ulang tahun dan itu adalah surat yang sangat ramah untuk saya,”Trump yang berulang tahun pada 14 Juni lalu kepada wartawan di Gedung Putih.

Pernyataan Trump itu muncul sehari setelah Kim Jong Un mengatakan bahwa dirinya telah menerima surat dari sang Presiden. Mengutip Kim Jong Un, media Korut menuturkan surat Trump tersebut berisi konten yang sangat baik.

“Menghargai penilaian politik dan keberanian yang luar biasa dari Presiden Trump, Kim Jong Un mengatakan bahwa ia akan dengan serius merenungkan konten suara itu yang menarik,”bunyi laporan kantor berita Korut, KCNA. Meski begitu, KCNA tak menjelaskan secara rinci isi surat tersebut.

Surat kabar Korut, Rodong Sinmun, juga memuat foto Kim Jong Un yang tengah membaca surat dari Trump di kantor nya. Pada, Selasa (25/6), Gedung Putih membenarkan bahwa Trump telah mengirim surat kepada Kim Jong Un dan korespondensi antara kedua pemimpin telah berlangsung,”

Surat menyurat antara Trump dan Kim Jong Un berlangsung ketika negosiasi AS-Korut sial denuklirisasi belum menghasilkan perjanjian apapun. Sebab, pertemuan tinggi kedua Trump dan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, pada Maret lalu juga tanpa ada nya kesepakatan.

Kedua belah pihak masih berselisihsoal sanksi. Kom Jong Un menginginkan agar Trum mencabut sanksi secara bertahap sembari Korut melucuti senjata nurlir nya. Namun, Trump berkeras masih akan menerapkan serangan sanksi tersebut sampai Korut benar-benar melucuti senjata nuklir sesuai keinginan AS.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top