0

JEPANG BERI PINJAMAN RP 14,2 T UNTUK KERJA SAMA PROYEK PATIMBAN

JEPANG BERI PINJAMAN RP 14,2 T UNTUK KERJA SAMA PROYEK PATIMBAN

Pemerintah Jepang telah menandatangani perjanjian pinjaman sebesar Rp 14,2 triliun (US $ 1,04 miliar) untuk mendanai proyek pelabuhan laut Patimban Indonesia-Jepang di Subang, Jawa Barat.

Total investasi untuk proyek ini adalah Rp 17,2 triliun, kata perwakilan senior Kantor Kerjasama Internasional Jepang (JICA) Tomoyuki Kawabat pada hari Senin di Jakarta, menambahkan bahwa pembebasan lahan dan pajak tidak termasuk dalam perjanjian pinjaman.

"Pinjaman yang telah ditandatangani mencakup 83 persen dari total nilai proyek," katanya di kedutaan besar Jepang pada Senin. Salah satu persyaratan untuk penyaluran pinjaman adalah proyek tersebut harus dibangun oleh perusahaan Jepang atau perusahaan Indonesia yang memiliki kemitraan dengan perusahaan Jepang.

Pinjaman 40 tahun tersebut menghasilkan tingkat bunga 0,1 persen dan masa tenggang 12 tahun. Sementara itu, Kozo Honsei yang selaku Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia mengatakan kalau "proyek Pelabuhan Patimban berada dalam tahap perancangan mendetail. "Peluncuran soft vehicle terminal kendaraan ditargetkan pada Maret 2019," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pemerintah Jepang dan Indonesia sedang bernegosiasi siapa yang akan ditunjuk sebagai operator pelabuhan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan pemenang tender tender konstruksi akan diumumkan pada Maret 2018, sementara pembangunan di pelabuhan tersebut diperkirakan akan dimulai pada bulan April 2018. Pemerintah juga sekarang telah fokus dalam mengakuisisi lahan untuk proyek tersebut, dengan proses akuisisi akan selesai pada bulan Desember 2017 atau pada bulan Februari 2018

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top