0

Facebook Luncurkan Program Untuk Tingkatkan Keterampilan Digital UMKM

Facebook Luncurkan Program Untuk Tingkatkan Keterampilan Digital UMKM

Dalam upaya meningkatkan keterampilan digital pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), khususnya di Indonesia timur, Facebook Indonesia akan meluncurkan program kampanye digital bernama Laju Digital, bulan depan.

Dengan Laju Digital, Facebook akan memberikan pelatihan dan lokakarya digital kepada orang-orang di 15 kota, termasuk 10 kota di Indonesia Timur, kata kepala kebijakan publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari di Jakarta pada hari Selasa.

“Kampanye ini akan fokus pada penyediaan pelatihan dan lokakarya tentang cara mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan Internet. Para peserta akan belajar bagaimana membuat halaman Facebook untuk mempromosikan produk mereka, ”katanya ketika mengumumkan Laju Digital.

Kota pertama yang menjadi tuan rumah Laju Digital adalah Gorontalo, diikuti oleh kota-kota lain seperti Kupang, Manokwari, dan Mataram. "Di setiap kota, kami berencana untuk memiliki dua hari pelatihan dan lokakarya," katanya, menambahkan bahwa program itu gratis.

Untuk menjalankan program ini, Facebook berkolaborasi dengan organisasi lokal, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Koperasi dan Kementerian UKM dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Strategis dan Studi Internasional (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan penggunaan teknologi digital dapat mempercepat pembangunan ekonomi di kawasan timur Indonesia.

Namun, menurut hasil penelitian CSIS terhadap 2000 responden dan 1.000 UMKM di 10 kota di Indonesia Timur, penggunaan internet untuk bisnis sangat rendah. "Lebih dari 60 persen responden menggunakan internet hanya untuk jejaring sosial, sementara penggunaan internet untuk kegiatan yang lebih produktif masih terbatas," kata Yose. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 30 persen dari UMKM menggunakan internet untuk bisnis mereka.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top