0

Universitas Jember Kerja Sama Dengan Institut Prancis Untuk Bioteknologi


Universitas Jember, Jawa Timur berkolaborasi dengan Institut de Recherche pour le Developpement (IRD) di Perancis untuk mengembangkan bioteknologi di bidang pertanian dan kesehatan. Salah satu program kemitraan saat ini adalah penelitian tentang penyuntingan genom pada padi. Penelitian ini diprakarsai oleh para peneliti di kampus Tegalboto yang tergabung dalam sebuah kelompok penelitian bernama Kelompok Riset (KeRis) Plant Health. Objek penelitian adalah padi dan tanaman lainnya termasuk tebu, singkong, dan kopi, yang diharapkan dapat mengembangkan tanaman biji yang tahan terhadap bakteri dan dapat memperoleh produktivitas tinggi.

Hubungan dengan IRD Perancis juga bertujuan untuk mendukung pembangunan pusat bioteknologi di Universitas Jember.

Kepala kelompok penelitian Kesehatan Tanaman KeRis Tri Chandra Setiawati, mengatakan bahwa kolaborasi dalam direktorat penelitian akan mencakup publikasi sains serta pengembangan Sister Lab dengan lembaga Perancis.

"Melalui kemitraan Suster Lab, peneliti Universitas Jember akan memiliki kesempatan untuk melakukan studi di laboratorium IRD dan mempublikasikannya di jurnal ilmiah terakreditasi di Perancis, dan sebaliknya," Tri menjelaskan pada Kamis, 16 Agustus 2018.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top