0


Di musim hujan seperti ini bakteri jadi lebih mudah berkembang biak. Tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Karena itu perbaikan nutrisi penting untuk dilakukan agar tubuh senantiasa sehat.

Makanan bergizi yang dimaksud di sini tentunya bukan cuma protein dan karbohidrat. Vitamin dan antioksidan juga diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan sistem imun.

Berikut ini beberapa jenis makanan dengan kandungan gizi super yang bisa membantu Anda melindungi diri dari serangan penyakit di musim hujan, seperti dilansir oleh Healthline.

1. Bawang merah dan bawang putih

Baik bawang merah maupun bawang putih mengandung beberapa senyawa antioksidan yang bisa menangkal sejumlah virus dan bakteri. Dengan demikian mampu mencegah infeksi hingga menurunkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit kanker.

BACA JUGA : INI DIA 5 HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN SEBELUM MEMBAYAR KARTU KREDIT

Bawang putih terutama mengandung senyawa allicin yang ampuh untuk mencegah berbagai penyakit. Khasiatnya paling tinggi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

2. Jeruk-jerukan

Buah-buahan dari golongan sitrus seperti jeruk keprok, grapefruit, jeruk nipis, hingga lemon merupakan sumber utama vitamin C. Vitamin C sendiri sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, jeruk-jerukan mengandung lebih dari delapan ribu flavonoid, kalium, asam folat, dan serat. Jeruk-jerukan juga mampu mencegah penyakit kardiovaskular, inflamasi, dan kanker.

3. Sup ayam

Daging unggas seperti ayam, itik, dan kalkun tinggi akan kandungan vitamin B6. Sekitar 300 gram daging ayam saja sudah bisa memenuhi lima puluh persen kebutuhan harian vitamin B6 yang disarankan. Vitamin B-6 penting untuk pembentukan sel darah merah dan membantu reaksi kimiawi tubuh.

Kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, chondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh. Kaldu juga menyediakan cairan yang dibutuhkan tubuh selama sakit flu.

Sementara garam membantu menjaga saluran hidung agar tetap bersih dan selaput lendir tipis. Kurang lebih manfaatnya seperti obat batuk.

Jika Anda meminum kaldunya selagi panas, kuah sup ayam juga bisa bertindak sebagai dekongestan alami karena uap panasnya.

4. Jahe

Jahe digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Rimpang ini berguna untuk pencernaan, mencegah inflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jahe membantu meluruhkan racun di organ dalam yang menjadikan tubuh rentan terhadap infeksi.

BACA JUGA : BERIKUT 5 TIPS UNTUK MEJAGA MATA BAGI PENGGUNA GADGET

Untuk mendapatkan minuman antiflu yang ampuh, cobalah ramuan jahe dan lemon atau jeruk nipis setiap pagi.

5. Madu

Madu memiliki efek antibakteri yang kuat berkat kandungan senyawa antimikrobanya yang tinggi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Kualitas ini saja membuat madu menjadi makanan yang sangat baik untuk dimakan ketika sakit, terutama jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu bermanfaat untuk membantu penyembuhan batuk pada anak-anak. Namun harap diingat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 12 bulan.

Campurkan sekitar setengah sendok teh madu dengan segelas susu hangat, air atau secangkir teh. Ini adalah minuman antibakteri yang dapat menghidrasi tubuh, mengurangi batuk, dan menenangkan tenggorokan.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top