0

Jalan Tol Solo-Ngawi Dibuka Untuk Memudahkan Para Wisatawan

Jalan Tol Solo-Ngawi Dibuka Untuk Memudahkan Para Wisatawan

Operator tol milik negara Jasa Marga yakin jalan tol Solo-Ngawi akan menciptakan konektivitas baru sebagai solusi masalah transportasi.

Dalam konferensi pers pada hari Rabu, 28 November, Direktur Utama PT. Jasa Marga Solo Ngawi (PT JSN) David Wijayatno mengatakan, jalan tol dapat mengurangi waktu perjalanan menjadi 1,5 jam dari sebelumnya 3 jam. "Tol memudahkan akses ke tujuan pariwisata seperti Tawangmangu dan Sangiran," kata David.

Jalan tol yang baru-baru ini diluncurkan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo membantu memudahkan akses ke berbagai tujuan wisata di daerah-daerah yang melewati jalan tol. Wilayahnya adalah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.

Tawamangu, sebagaimana disebutkan oleh David, terletak di daerah dataran tinggi tepat di kaki Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar. Situs wisata ini terkenal karena pemandangannya yang indah dan biasa digunakan sebagai arena hiking.

Sementara itu, Sangiran di Kabupaten Sragen merupakan situs penggalian arkeologi, pusat pendidikan dan sains. Sejak tahun 2002, perbaikan dan pengembangan banyak fasilitas di wilayah tersebut terus dilakukan dalam upaya untuk menciptakan situs prasejarah sebagai tujuan wisata utama.

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menyebut situs Sangiran sebagai warisan dunia. Sejak pertama kali ditemukan lebih dari seabad yang lalu, 13.813 fosil baik dari manusia, hewan, tumbuhan, makhluk laut, dan alat kuno ditemukan dan ditampilkan di situs tersebut.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top