0


Manusia modern di era digital seperti kita tentu sulit dipisahkan dari gadget atau gawai. Perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer tampaknya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar orang. Padahal sinar yang dihasilkan bisa membahayakan kesehatan mata.

Kebiasaan menatap layar gawai secara terus-menerus bisa memberikan dampak negatif terhadap penglihatan. Tidak hanya merusak mata, kebiasaan ini juga bisa menurunkan tingkat produktivitas.

Mengutip tulisan dokter Nathan Bonilla-Warlord, OD, seorang penyedia layanan kesehatan mata di Tampa, Florida, Amerika Serikat di Mashable (11/10), berikut ini beberapa cara menjaga penglihatan dari bahaya penggunaan monitor berlebihan.

1. Ciptakan kondisi senyaman mungkin agar mata tidak stres

BACA JUGA : TERNYATA MEMINUM AIR PUTIH DI PAGI HARI BIKIN LEBIH FOKUS DIBANDINGKAN KOPI

Anda dapat menyesuaikan lingkungan saat menggunakan perangkat digital agar mata lebih sehat. Jika memungkinkan, gunakan monitor besar untuk mengurangi ketegangan mata.

Pastikan kursi berada di dekat dengan komputer dan duduk dengan dukungan yang memadai untuk bagian punggung. Pastikan Anda duduk dengan nyaman.

Selain itu, pastikan juga Anda merasa nyaman sebelum menggunakan gawai. Hal ini akan mengurangi tingkat stres di mata karena mencari sudut pandang yang paling baik.

2. Arahkan pencahayaan kepada objek, bukan kita

Pencahayaan tidak hanya dari komputer namun juga ruangan. Pastikan cahaya tidak berlebihan karena bisa mengiritasi mata dan menegang.

Apabila menggunakan lampu meja, pastikan dia menyinari meja bukan Anda. Selain itu, cobalah duduk di samping jendela, bukan di depan atau belakang Anda. Gunakan juga tirai atau layar untuk mengurangi kesilauan. Posisikan layar komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di atas kepala.

3. Sesuaikan jarak dan sudut baca

Sesuaikan layar sehingga Anda melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci (sekitar 61 sampai 71 centimeter).

Selain itu, tengahnya harus berada di sekitar 4 sampai 6 inci (6 sampai 15 centimeter) di bawah mata Anda. Pastikan layar cukup besar dan dengan kecerahan serta kontras yang tepat.

4. Perbesar teks di layar

Bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, memperbesar teks dan gambar di perangkat bisa membantu penglihatan. Hampir setiap perangkat bisa disesuaikan untuk menampilkan teks yang lebih besar.

BACA JUGA : INI DIA 5 MASKAPAI LEGENDARIS INDONESIA YANG PADA AKHIRNYA MENJADI BANGKRUT

5. Sering-sering berkedip dan biasakan istirahat

Perangkat memang bisa digunakan tanpa istirahat, tapi Anda bukanlah mesin yang tidak butuh rehat.

Penglihatan Anda butuh istirahat. Gunakan aturan "20-20-20". Setiap 20 menit, istirahat 20 detik, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter).

Selain itu, jangan lupa berkedip. Ini adalah cara mencuci mata secara alami dengan air mata. Jika Anda memakai kacamata, pastikan memiliki lensa yang tepat untuk komputer.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top