0

DESA DI ACEH AKAN DIALIRI LISTRIK 100 PERSEN PADA TAHUN 2018

DESA DI ACEH AKAN DIALIRI LISTRIK 100 PERSEN PADA TAHUN 2018

Pengaliran listrik oleh PT PLN (Pesero) dari anak perusahaannya yaitu PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) telah mengaliri listrik untuk 12 desa yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam pada tahun 2018. Sebelumnya memang rasio elektrifikasi Aceh sekarang sudah mencapai 96%. Untuk yang terbesar kedua adalah wilayah Sumatera setelah Bangka Belitung. 

Untuk sisanya sebanyak 4% adalah untuk 12 desa ini. Iwan Agung Firstantara yang selaku Direktur Utama PJB menyatakan kalau pihaknya akan berupaya supaya Aceh mendapatkan 100% aliran listrik pada tahun 2018. Dirinya mengaku kalau dari 6.200 desa di Aceh, hanya 12 desa saja yang belum dialiri listrik sepenuhnya. Dirinya pun berharap kalau pada tahun 2018, jaringan listrik sudah sepenuhnya dialiri. 

Lambatnya desa ini dialiri oleh jaringan listrik karena ada beberapa kendala yang menyokong desa ini dengan listrik. Salah satu hambatannya adalah infranstuktur.  Contohnya seperti belum tersedia jalan untuk menuju ke desa ini dan adanya sistem perawat hutan ini. Desa ini juga masih sangat terpencil sehingga sulit untuk diakses, ujarnya. 

Nantinya PT PJB juga akan memproyeksikan Sumatera agar terintergrasi oleh Jaringan listrik dari Lampung sampai Aceh pada tahun 2019. Pihaknya juga akan memberikan tambahan listrik di Aceh dengan daya 400 Mega Watt pada tahun 2018. 

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top