0

PNBP SEKTOR KELAUTAN HANYA CAPAI 51 PERSEN  DARI TARGET

PNBP SEKTOR KELAUTAN HANYA CAPAI 51 PERSEN  DARI TARGET

Susi Pudjiastuti yang selaku Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini menjadi kontorversial karena kebijakkanya dalam memerangi praktik kejahatan pencurian ikan ilegal yang ada di Indonesia. Hukuman bila ketahuan mencuri ikan di Indonesia termasuk ekstrem karena dengan membom dan menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan yang ada di perairan Indonesia.

Jadi saat ini, Selama 3 tahun Susi menjalankan kebijakan ini, setoran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam bentuk penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam pun mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari tahun 2017 yang tidak mencapai target. 

Dari data Kementerian Keuangan terlihat kalau PNBP yang telah disetorkan KKP untuk negara di tahun 2017 adalah Rp 491 miliar. Jumlah ini tercapai 51,68% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  di  tahun 2017 yang sebelumnya memiliki target Rp 950 miliar. 

Mariatul Aini yang selaku Direktur PNBP Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan menyatakan kalau target yang ada di tahun 2018 adalah sebesar Rp 600 miliar. Dari capaian PNBP dari kepemimpinan Menteri Susi tahun 2017 juga mengalami kenaikkan dibandingkan dengan tahun 2016 yang sebesar Rp 362 miliar. Tapi pencapaian PNBP periode 2016 jauh dari target yaitu Rp 693 miliar.

Sekretaris Jenderal KKP, Rifky Effendi tak mau memberikan alasan mengapa pencapaian ini tidak melampaui target. Dirinya hanya mengaku kalau jumlah setoran di tahun 2017 ini sudah meningkat tajam dibandingkan dengan tahun 2016. Realisasinya juga telah melebihi 50%. Nantinya untuk target PNBP di tahun 2018 yaitu Rp 600 miliar ini adalah angka yang realitis walaupun lebih rendah dari target 2017.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top