0



Saat ini, kamu atau salah seorang teman, atau keluarga, kemungkina telah menderita diabetes dan sama sekali tidak menyadari hal tersebut.

Menurut hasil penelitian Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) dari Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2013, sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang sudah berusia di atas 15 tahun telah mengalami diabetes tipe 2.

Mungkin hanya 26 persen saja yang sudah terdiagnosis, sedangkan sisanya tidak menyadari dirinya telah mengidap diabetes tipe 2.

BACA JUGA : BMKG Ungkap Sebab Sementara Gempa di Donggala Sulteng dan Mekanismenya

Diabetes yang belum terdiagnosis ini, pada satu waktu pasti akan diketahui ketika melakukan pemeriksaan kesehatan.

Namun, makin cepat kita mengetahuinya, makin banyak juga yang dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi.

Kadar gula dara yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, dan juga tidak terkontrol juga akan menyebabkan senjumlah komplikasi akibat kerusakan sel-sel saraf yang terdapat pada tubuh.

BACA JUGA : Kemenangan atas Frosinone Tandai Kebangkitan dari AS Roma

Beberapa gejala yang akan dirasakan pada tubuh saat kita menderita diabetes adalah rasa haus terus, sering kencing dimalam hari, kelelahn walau sudah cukup istirahat, nafsu makan yang meningkat, berat badan yang susah naik, atau penghilatan yang mulai kabur.

Janganlah kita takut, ketika memeriksakan kesehatan karena diabetes bukanlah di vonis mati.

"Diabetes yang terkontrol dengan baik juga bisa mencegah komplikasi. Selain itu juga, kalau kadar glukosa bisa terjaga agar tetap normal, itu artinya kita sudah menjalani hidup sehat," kata Gretchen Becker.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top