0

Inilah Rute Pendakian Gunung Merbabu Yang Ditutup Saat Bulan Oktober

Inilah Rute Pendakian Gunung Merbabu Yang Ditutup Saat Bulan Oktober

Semua rute pendakian diTaman Nasional Gunung Merbabu akan ditutup sementara pada tanggal 8 hingga 31 Oktober.

“Jalur pendakian perlu perbaikan dan pemeliharaan, untuk menjaga keselamatan pengunjung dan pendaki,” kata Kepala Pusat Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Edy Sutiyarto pada Jumat, 27 September. BTNGMb juga mengeluarkan surat edaran bertanggal hari ini dan segera disosialisasikan. Menurut Kepala Divisi Administrasi BTNGMb, Johan Setiawan, sejumlah jalur pendakian saat ini dalam kondisi yang cukup berbahaya. "Perangkapnya telah meluncur karena terkikis, membuat mereka licin dan berbahaya bagi pendaki," kata Johan.

Johan mengatakan bahwa ada banyak jejak baru yang dibuat oleh pendaki sehingga mereka tidak akan tergelincir. "Jejak baru ini dikhawatirkan mengancam kelestarian Edelweiss (tumbuhan endemik di Gunung Merbabu)," katanya.

Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi, yaitu Rute Selo di Desa Tarubatang, Distrik Selo, Boyolali, Rute Cunthel di Desa Kopeng, Rute Thekelan di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jalur Suwanting di Desa Banyuroto, Distrik Sawangan, dan Rute Wekas di Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top