0

APAKAH AMAN MENURUNKAN TRANSMISI GIGI MOBIL TIBA-TIBA?

APAKAH AMAN MENURUNKAN TRANSMISI GIGI MOBIL TIBA-TIBA?

Mobil memanglah alat transportasi umum yang digunakan oleh orang sekarang. Tapi untuk mobil bertransmisi manual merupakan mobil dengan kebebasan tersendiri karena dengan mengendarai mobil jenis ini membuat pengemudi bebas mengganti gear. Jika mobil transmisi otomatis, Pengemudi cuma harus menaikkan gear dan menurunkan gear. 

Tapi dalam pertanyaan yang jarang dipertanyakan, apakah aman dalam memindahkan gigi secara bebas di mobil transmisi manual. Contoh saja jika mobil transmisi manual ini menurunkan dari gigi empat ke gigi dua, Dalam hal ini bukanlah mustahil dilakukan. 

Hal biasanya terjadi pada saat melewati jalanan yang cukup cepat dan tiba tiba ada tikungan tajam dan jalanan yang cukup curam. Jika bertemu dengan rintangan seperti ini ada baiknya tetap menggunkan gigi dua. Tapi ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan jika menurunkan 2 gigi sekaligus. 

Saat ingin memindahkan gigi 4 ke gigi 2, Harus dipastikan kalau kecepatan mobil sudah sesuai dengan putaran mesin di gigi 2. Jika putaran mesin ini tidak sesuai, Maka pasti akan menimbulakn rev matching. Untuk menurunkan dua gigi sekaligus, Kecepatan mobil harus rendah dan putaran mesin juga rendah, Jika syarat ini sudah dilakukan, Maka perpindahan 2 gigi sekaligus pun tidak akan menimbulkan masalah. 

Untuk penurunan gigi dilakukan ketika putaran mesin dan kecepatan tidak sesuai, Maka dalam penurunan gigi pun akan menimbulkan slip pada roda yang membuat mobil kemungkinan akan kecelakaan. Mesin juga bisa hancur jika hal ini terus-menerus dilakukan. 

Maka untuk memindahkan gear ke dua, Putaran mesin harus dinaikkan supaya tidak menurunkan kecepatan mobil, Biasanya pembalap melakukan teknik ini supaya mobil tidak melambat. 


Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top