0


Telinga berdenging dan mimisan terjadi secara terus menerus walau sudah di obati sebaiknya segera mengalami pemeriksaan lanjutan. Dokter spesialis telinga telinga hidung tenggorokan (THT) Marlinda Adham menyebut bahwa dua kondisi tersebut dapat menjadi gejala awal kanker nasofaring.

“Kalau sudah melakukan pengobatan 2-3 kali, tapi gejalanya masih menetap seperti telinga masih berdengung, mimisan masih banyak padahal tidak ada gejala infeksi hidung, itu harus segera di evaluasi,”kata Marlinda.

Evaluasi pada masalah tersebut bisa di lakukan dengan mendatangi dokter spesialis THT. Nanti akan di lakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab telinga terus berdengung dan tersumbat, mimisan, telinga terasa penuh.

Daerah nasofaring itu terletak di hidung bagian terujung di atas rongga mulut. Daerah itu begitu tersenbunyi dan sulit untuk di evaluasi. “Nasofaring itu letaknya tersembunyi, di balik rongga hidung dan tersembunyi di atas rongga mulut,”kata Marlinda.

Untuk melakukan tindakan evaluasi pada orang yang mengalami telinga berdenging, mimisan dan telinga terasa penuh dokter akan gunakan bantuan alat.”Dokter THT melihat dengan nasoendoskopi untuk meneropong ke daerah nasofaring. Untuk mengetahui ada atau tidak nya tumor di daerah nasofaring,”kata Marlinda.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top