0

LIPI: Penanggulangan Teroris Lebih Baik Di Era Jokowi

LIPI: Penanggulangan Teroris Lebih Baik Di Era Jokowi

Seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nostalgiawan Wahyudi, berpendapat kontra-terorisme di era pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi - Jusuf Kalla lebih baik daripada di era Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

“BNPT (Badan Penanggulangan Terorisme Nasional) baru dibentuk di era SBY, sehingga sekarang lebih stabil (di era Jokowi). BNPT dapat bersinergi dengan Polisi Nasional dan berfokus pada pencegahan terorisme atau pasca-penanganannya, ”kata Nostalgiawan di Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat, 14 Januari. Namun, tambahnya, BNPT belum menyusun program kerja yang jelas.

Pengamat teroris dari Universitas Indonesia, Ridlwan Habib, berbagi sentimen yang sama. Ridhwan melihat bahwa tindakan anti-terorisme di era Presiden Jokowi telah menjadi lebih baik. Sebagai contoh, pada tingkat penurunan kasus penangkapan yang menyebabkan kematian dan penangkapan yang salah.

“Berdasarkan statistik, kasus penangkapan hingga mati di era Jokowi turun drastis dibandingkan di era SBY. Banyak penangkapan yang salah terjadi di era pemerintahan sebelumnya. Di era Jokowi, kita harus adil, bahwa nilainya lebih rendah, hanya satu atau dua kasus. Tapi, secara statistik, ini jauh berkurang, ”kata Ridlwan pada kesempatan yang sama.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top