0

AS KIRIM PESAWAT KE SEMENANJUNG KOREA UNTUK GERTAK KORUT

AS KIRIM PESAWAT KE SEMENANJUNG KOREA UNTUK GERTAK KORUT

Setelah kabar Korea Utara yang menembakkan rudal balistiknya membuat AS kembali melibatkan armada pesawatnnya. Dikabarkan pada saat itu Korea Utara menembakkan rudal balistik yang melewati langit Jepang. 

Tapi AS pun akhirnya mengirimkan pesawatnya yang terbang di Semenanjung Korea. Pesawat yang dikirim AS ini adalah 4 jet tempur AS F-35B, 2 pesawat bomber B-1B dan juga 4 Jet tempur F-15 milik Korea Selatan. Informasik ini pun disampaikan oleh pejabat Angkatan Udara Korsel. Semua pesawat ini dikirim untuk terbang di Semenanjung Korea. 

Dalam hal ini pengiriman pesawat ini pun bertujuan latihan yang dilakukan untuk melawan uji coba rudal balistik yang dilakukan berulang kali oleh Pihak Korea Utara. Korea Utara juga terus mengembangkan senjata nuklirnya Pyongyang, ujarnya pejabat Angkatan Udara Korsel. 

Pihak angkatan Udara Korsel pun telah menyampaikan kalau pesawat bomber yang diterbangkan ini berasal dari Guam yang ada di wilayah teritorial Amerika di Pasifik. Daerah Guam ini juga menjadi target rudal bagi Korea Utara. Sedangkan untuk 4 pesawat jet tempur siluman ini berasal dari pangkalan Korps Marinir AS di Jepang.

Semua armada ini diterbangkan untuk latihan pengeboman dan juga sekaligus mensimulasikan serangan untuk membuka fasilitas kunci lawan yang ada diatas Pilseung Range di atas Provinsi Gangwon, Korea Utara. Sebelumnya Korea Utara melakukan uji coba 8 bom yang dilakukan di perbatasan dua Korea. 2 rudal jarak pendek 500 dan 800 km juga diluncurkan. 

Tapi belakangan ini AS juga menyatakan kalau telah berhasil menguji coba bom gravitasi B61-12 yang saat itu dilakukan di Tonopah Test Range, Nevada pada 8 Agustus 2017. 


Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top