0

PESAWAT C130 PENGAKUT BARANG TAMBAH KOLEKSI MUSEUM DIRGANTARA

PESAWAT C130 PENGAKUT BARANG TAMBAH KOLEKSI MUSEUM DIRGANTARA

Dengan bertambahnya sebuah pesawat yang berjenis C130 tipe B ini akan membuat bertambahnya koleksi yang ada di museum Dirgantara Mandala yang berada di Kompleks Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Jadi pesawat yang dulunya dimiliki oleh TNI AU ini bertugas menjadi pesawat angkutan barang berat yang pertama kali dimiliki oleh Indonesia. 

Dede Nasrudin yang selaku Kepala Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta pun menyatakan kalau pesawat yang berjenis C130 ini dibuat oleh Amerika Serikat. Pesawat ini dulunya mendarat di Indonesia pertama kali pada tanggal 18 Maret 1960 di Bandara Kemayoran, Jakarta. 

Pesawat C130 ini diangkut dari Bandara Sulaiman, Bandung pada 22 September 2017 lalu. Pesawat yang diangkut dari jalur darat ini pun tiba di Yogyakarta pada tanggal 29 September 2017. 

Dede mengatakan "Pesawat C130 ini sangatlah berharga bagi bangsa Indonesia dan juga TNI AU karena merupakan pesawat pertama angkut berat serta berperan di operasi militer dalam pembebasan Irian Barat dan juga penanggulangan bencana baik didalam dan luar negeri," ujarnya. 

Jenis pesawat ini telah ada 8 unit di Indonesia. Karena untuk 1 pesawat ini jam terbangnya sudah habis, Maka dibawa ke Museum Dirgantara Mandala. Namun untuk 7 pesawat lainnya masih beroperasi sampai saat ini. Pesawat buatan Amerika ini dapat membawa barang dengan berat 16 ton dan bisa membawa 90 orang personel. Walaupun membuat macet dari Bandung ke Yogyakarta, Pesawat ini tetap mendapatkan simpati dari masyarakat yang melintas. 

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top