0

PENINGKATAN WISATAWAN ASING KE CANDI BOROBUDUR SEMAKIN BANYAK 

PENINGKATAN WISATAWAN ASING KE CANDI BOROBUDUR SEMAKIN BANYAK

Saat ini karena aksi Solidaritas rohingnya yang digelar di Masjid Agung An Nuur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sangatlah berpengaruh pada jumlah kunjungan yang ada di Candi Borobudur. Jarak antara candi dan tempat melakukan aksi ini pun cuma 6,8 km, Aksi solidaritas ini menyebabkan beberapa jalur ke Candi Borobudur ini. 

Blokade jalan pun dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan. Crisnamurti Adiningrum yang selaku General Manager (GM) Taman Wisata Borobudur pun menyatakan kalau Candi borobudur ini akan tetap dibuka tapi dengan pengawasan ketat. Pengunjung dapat datang mulai pukul 06.00 WIB sejak loket dibuka sampai dengan jam 15.00 WIB. Total pengujung bisa sampai 3000an orang perharinya. 

Untuk pengunjung sekitar 3000an ini terdiri dari 1671 pengujung lokal dan wisatawan lokal dan sisanya merupakan wisatawan asing.Data pengunjung ini meningkat yang sebelumnya mengalami penurunan.

Crisnamurti mengatakan "Biasanya jam segini (jam 06.00-15.00 WIB) pengunjung cuma mencapai 2000 orang. Tapi untuk sekarang perhartinya jumlah wisatawan nusantara bisa mencapai 3000-4000 orang. Pengunjung ini turun sekitar 30%," ujarnya. 

Dirinya pun menyatakan kalau kalau dengan adanya aksi ini, Hal ini membuat peningkatan jumlah pengunjung wisatawan asing. Yang biasanya hanya sekitar 600an denngan adanya aksi solidaritas Bela Rohingnya menjadi peningkatan sampai 971 orang.Crisnamurti pun mengaku kaget dengan adanya peningkatan jumlah ini.

Peningkatan jumlah pengunjung ini membuat pihak Candi Borobudur membuka satu pintu pos lagi bagi para wisatawan. Tapi dalam pintu masuk ini dibuat menjadi satu agar mempermudah petugas melakukan pengawasan dan pengamanan menjadi lebih mudah. Kendaraan wisatawan pun tidak boleh diparkir di kawasan Candi Borobudur, Wisatawan harus berjalan kaki kedalam meskipun ada pos penjagaan, ujarnya. 

Untuk waktu buka Candi Borobudur ini pun masih menunggu konfimrasi dari pihak kepolisian, Jika pihak kepolisian menyatakan tidak boleh dibuka, Maka candi ini tidak boleh dibuka seperti hari biasa. 








Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top