0


Ketombe sepertinya akan jadi keluhan umum untuk kebanyakan orang. Serpihan putih yang mengotori alam rambut dan sering jatuh ke bahu ini, tentu akan membuat seorang menjadi minder.

Sebenarnya, siapa saja yang akan berisiko dengan berambut berketombe? Apakah kamu salah satunya yang rentan dengan kondisi seperti ini? Mari, cari tahu jawabannya.

Setiap sel kulit akan mati dan akan berganti dengan sel kulit yang baru, termasuk pada kulit kepala. Sayangnya, pertumbuhan sel kulit ini terjadi lebih cepat, menumpuk di sela-sela rambut, dan akan membentuk serpihan yang disebut dengan ketombe.

Pertumbuhan sel kulit kepala yang abnormal tersebut salah satunya juga dapat disebabkan oleh jamur Pityrosporum Orbiculare. Jamur ini memang ada pada rambut pada setiap orang, namun ini juga bisa tumbuh tanpa terkendali dan juga akan menyebabkan rambut berketombe.

BACA JUGA : Inilah Cara untuk Menghindari Sakit Punggung di Kantor, Rumah dan Gym

Walaupun hal ini umum terjadi, ketombean yang biasanya sangat rentan terjadi pada orang-orang seperti berikut ini :

1. Sensitif dengan Jamur

Pada tubuh kita terdapat sebuah bakteri dan jamur yang menempel, hanya saja jumlahnya tidak banyak, sehingga kita tidak akan terganggu kesehatan.

Sayangnya, dari beberapa orang yang sensitif dengan jamur dan juga memiliki kondisi kulit kepala yang berminyak. Kondisi ini juga dapat membuat jamur tumbuh subuh, sehingga kita akan rentan dengan masalah ketombe pada rambut.

2. Jarang Membersihkan Rambut

Bila kita jarang keramas, ini bukanlah penyebab dari ketombe. Namun, bisa membuat minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala terus menumpuk. Bukan itu saja, keringat juga dapat membuat kondisi rambut akan menjadi lembap.

Jika kamu jarang keramas untuk membersihkan "sampah" yang terdapat pada rambut, tentu saja rambut akan sangat kotor.

Kondisi rambut seperti ini juga sangat disukai oleh jamur-jamur penyebab ketombe. Bagi mereka yang malas untuk membersihkan rambut, akan berisiko ketombe akan menjadi makin meningkat.

BACA JUGA : Bakteri Super Bisa Menempel di Gorden Rumah Sakit

3. Memakai Produk Rambut yang Berlebihan

Rambut yang tertata rapi memang bisa menunjang penampilan. Untuk membantu menata rambut, kmau mungkin akan memilih menggunakan pomade atau minyak rambut.

Bukan hanya akan menimbulkan jerawat di sekitar garis rambut, tambahan minyak dari produk dari rambut yang berlebihan juga bisa membuat jamur dapat berkembang biak lebih aktif. Lamban laun, rambut juga bisa berketombe jika kebiasaan ini berlebihan dilakukan.

4. Stres dan Makan Sembarangan

Ketombe juga bisa muncul bukan hanya akibat dari faktor luar tubuh saja. Stres juga sering terjadi karena kita sering makan makanan yang berlemak dan juga berminyak, ini pun bisa meningkatkan risiko rambut berketombe.

Apalagi jika kalian jarang sekali untuk keramas dan keliru menggunakan produk perawatan rambut. Minyak yang berlebihan dan juga stres dapat membuat rambut berketombe semakin parah, semakin gatal dan juga bertambah banyak jumlahnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top