0


Kopi yang memakai gula aren belakangan ini sedang tren yang di jajakan oleh berbagai kedai kopi lokal. Sebenarnya, cara minum kopi yang manakah yang lebih sehat? Memakai dengan gula pasir putih biasa atau harus pakai gula aren (palm sugar)?

Banyak sekali orang yang kini lebih memilih meraik kopi dengan memakai gula aren ketimbang dengan gula pasir biasa. Alasannya, karena kata orang-orang, gula arena lebih sehat. Kenapa palm sugar dianggap lebih unggul daripada gula putih?

BACA JUGA : Inilah Tindakan Kekerasan yang Tergolong KDRT

Gula putih yang terbuat dari tebu, sementara gula arena sendiri terbuat dari nira (cairan yang keluar dari batang pohon enau). Gula putih juga termasuk sumber makanan yang tinggi kalori, akan tetapi gizinya minim, bahkan hampir nol. Sementara itu juga gula aren ternyata diperkaya oleh beberapa mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Studi juga menemuikan bahwa gula aren mengandung kalium, fosfor, zink, zat besi, mangan, tembaga, hingga dosis kecil antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosiandin. Gula aren juga kayak akan vitamin BB (inositol), asam folat, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat.

Dari berbagai aspek, gula aren sendiri memang jauh lebih unggul daripada gula pasir putih biasa. Namun bagaimanapun juga, gula aren tetaplah gula.

Gula aren tetap dapat meningkatkan jumlah asupan kalori. Asupan kalori yang berlebihan terkait dengan risiko kenaikan berat badan hingga penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Itulah kenapa kita harus tetap membatasi jumlah asupan pada gula dalam makanan dan juga minuman sehari-hari guna mencegah risiko yang tidak diinginkan .

Apapun jenis gulanya, batas rekomendasi porsi pada gula untuk orang indonesia dalam sehari adalah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh. Batasan ini telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA : Hindarilah Bagi Orangtua, Jangan Pernah Bertengkar di Depan Anak

terlepas dari minum kopi memakai gula arena atau gula putih, seberapa banyak kita meminum kopi juga sebenarnya perlu diperhatikan. Walau memakai sedikit gula, jika terlalu sering minum kopi, asupan pada gula ini tentu akan tetap meningkat, bukan?

Bukan cuman pada kandungan gulanya yang jadi masalah. Kopi juga mengandung banyak sekali kafein yang juga perlu di batasi. Per hari kita juga disarankan untuk minum hingga 2-3 cangkir kopi saja, atau sekitar 400 sampai 600 mg kafein.

Untuk mengurangi asupan kafein, sebaliknya pilihlah kopi decaf, yaitu kopi dengan bebas atau dengan sejumlah kecil kafein.

Agar kebiasaan minum kopi agar tetap sehat, jangan lupa untuk mengatur kembali waktu minum kopi. Jangan terlalu pagi dan dalam kondisi perut yang masih kosong. Karena, ini bisa membuat perut kita sakit. Bukan juga terlalu malam yang bisa membuat susah tidur.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top