0

Apindo: 70 Persen Perusahaan Masih TIdak Ada Perjanjian Kerja Bersama


Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo ) menyerukan pemerintah untuk memberikan insentif kepada perusahaan yang akan membantu meningkatkan jumlah perjanjian kerja bersama (PKB). Apindo mengungkapkan bahwa hanya 30 persen perusahaan yang memiliki PKB.

Ketua Apindo Harijanto mengatakan bahwa pengusaha bisnis di Indonesia dengan jumlah CLA menjadi 14.423. "70 persen pengusaha belum membuat perjanjian kerja bersama," katanya, Senin 4 Februari.

Angka-angka kecil terutama karena kedua sisi spektrum, pemilik bisnis dan pekerja, yang tidak terbiasa dengan negosiasi bipartit, yang menghasilkan negosiasi yang lebih keras ketika CLA akhirnya diperkenalkan.

“Masing-masing pihak telah kehilangan rasa saling percaya satu sama lain yang seharusnya menjadi dasar hubungan industrial yang baik,” kata Harijanto.

Selain itu, Apindo mengatakan bahwa mereka terus memberikan program pelatihan bagi para praktisi bisnis dan menyarankan penciptaan PKB dengan serikat pekerja tingkat perusahaan, karena keberadaan serikat tersebut diperlukan sebelum mendapatkan PKB.

Apindo berpendapat bahwa insentif pemerintah akan dapat meningkatkan jumlah PKB di perusahaan atau perusahaan. Insentif dapat berkisar dari kemudahan izin, laporan, keringanan biaya kontribusi pekerja asing, dan banyak lagi.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top