0


Kepala Pos Pengamanan Gunung merapi (PGM), Sunarta mengatakan, terjadinya luncurnya awan panas pada Kamis (7/2). Luncuran awan panas ini terjadi pada pukul 18.28 WIB. Dia menerangkan luncuran awan panas ini terpantau oleh rekaman dari CCTV di puncak Gunung Merapi.

“Terpantau dari rekaman CCTV puncak terjadi awan panas guguran. Awan panas gunung ini mengarah ke Kali Gedong dengan jarak luncur 2 kilometer. Terjadi nya penyemburan awan panas pada pukul 18.28 WIB,” kata Sunarta, Kamis (7/2).

Sunarta menerangkan dari data PGM Merap diketahui jika awan panas guguran ini terjadi selama 215 detik. Durasi ini terjadi durasi yang terlama saat ini di bandingkan luncuran awan panas yang terjadi pada waktu yang sebelumnya pernah terjadi.

Diapun menyebut jika jarak luncuran awan panas kali ini pun menjadi yang terjauh yang terjauh terjadi  di bandingkan dengan yang terjadi pada sebelumnya. Sunarta meminta kepada masyarakat agar tetap tenang. Masyarakat pun di imbau Sunarta agar jangan panik, tetap tenang , dan waspada.

“Masih aman. Radius bahaya masih 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Status Gunung Merapi masih waspada. Masyarakat tidak perlu panik dan tetap waspada saja tutup nya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top