0


Lubang pusar merupakan salah satu bagian tubuh yang kurang mendapat perhatian secara tepat. Masih banyak orang tidak membersihkan bagian tubuh bagian ini secara teratur. Bahkan hanya sedikit saja orang yang mengetahui cara untuk membersihkan nya dengan benar. Pada masyarakat Indonesia sendiri terdapat beberapa kepercayaan mengenai membersihkan pusar. Ada yang meyakini membersihkan pusar bisa membuat sakit perut dan lainnya.

Namun faktanya, membersihkan pusar adalah hal yang harus dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar. Dalam pusar, berkumpul banyak hal mulai dari bakteri, keringat, sabun, kotoran, debu, dan lainnya. Sebuah penelitian di North Carolina State University mengungkap bahwa rata-rata dalam pusar terdapat 67 jenis bakteri. Oleh karena itu, pusar juga harus dibersihkan seperti bagian tubuh lainnya.

Mengabaikan kebersihan pusar bisa menyebabkan pusar kerbau atau bahkan memicu infeksi seperti gatal-gatal dan kemerahan. Lantas bagai mana cara membersihkan pusar dengan benar. Alexandria V. Booth, M.D, ahli kulit dari HealthCare Partners menjelaskan bahwa pusar bisa di bersihkan secara teratur saat mandi, yaitu dengan cara di basuh menggunakan air.

Namun jika lubang pusar kamu cukup dalam, kamu juga harus membersihkan nya sekali seminggu dengan cotton bud menggunakan sabun cair atau alcohol. Beda jenis pusar, maka berbeda juga cara pembersihan yang harus dilakukan. Bagi yang memiliki pusat menonjol keluar, membersihkannya saat mandi saja sudah cukup.

Namun jika memang terdapat ketakutan dalam membersihkan pusar kamu, sebaiknya temui dokter atau ahli kulit membersihkannya. Lalu di perharikan kebersihan bagian pusat di tubuhmu di tubuh mu setiap hari dan jaga kebersihannya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top