0

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang mencatat sebesar 80 persen sanitasi dan air bersih Sekolah Dasar (SD) sederajat di Kabupaten Serang masih buruk.

Kepala Bappeda Kabupaten Serang Anang Mulyana mengatakan dari sebanyak 5416 SD Sederajat di Kabupaten Serang baru sebesar 20 persen sanitasi yang sudah memenuhi standar. Selain itu ada sebanyak 1033 ruang kelas masih rusak.

Ia mengatakan program pembangunan infrastruktur sanitasi dan air bersih di Kabupaten Serang menjadi program utama Pemkab Serang pada tahun 2019. Namun, masih terkendala dengan anggaran terbatas di Pemkab Serang.

"Sanitasi masih 80 persenan, sebetulnya sanitasi itu juga jadi program prioritas kita memang dari aspek anggaran masih sangat terbatas, air bersih tidak semua daerah ada," kata Anang saat dialog bersama perwakilan Sekolah SD se Kabupaten Serang di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (26/2).

Kemudian, menurut Anang kendala lain dalam menyelesaikan program sanitasi dan hidup sehat adalah kurangnya partisipasi perusahaan-perusahaan di Kabupaten Serang untuk membantu menyelesaikan program tersebut di tengah terbatasnya anggaran daerah.

"Kita kalau mengandalkan APBD untuk meningkatkan pembangunan itu kekurangan. Makanya kita mendorong pihak perusahaan bisa bersama-sama untuk membangun sanitasi itu. Kita juga ingin mendorong partisipasi masyarakat juga perubahan sikap pola hidup bersih," tutupnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top