0

Kebakaran Hutan Di Riau Terjadi Hingga 1.136 Hektar

Kebakaran Hutan Di Riau Terjadi Hingga 1.136 Hektar

Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kabupaten dan kota Provinsi Riau terjadi sejak Januari yang terus menyebar hingga 1.136 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengatakan bahwa angka itu melonjak lebih dari 150 hektar dalam waktu kurang dari 48 jam terakhir.

“Banyak hotspot yang masih terdeteksi di wilayah pesisir Riau, seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, hingga Indragiri Hilir,” kata Edwar.

Dia menjelaskan bahwa kebakaran terbesar terdeteksi di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis dengan total lahan terbakar hingga 817 hektar dari 1.136 hektar, diikuti oleh Rokan Hilir 132 hektar, Dumai 60 hektar, Indragiri Hilir 38 hektar, Siak 30 hektar, Kampar 15 hektar, Pekanbaru 21,01 hektar, dan Meranti 20,4 hektar.

Pemerintah pusat dan daerah saat ini berfokus pada Pulau Rupat ketika kebakaran menghantam kawasan itu selama dua minggu terakhir, mempengaruhi lebih dari 200 hektar lahan.

Selain Bengkalis, Edwar menambahkan, titik api baru terdeteksi di Kota Dumai, Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Upaya memadamkan api masih terus berlangsung. Angkatan Udara Indonesia baru-baru ini mengerahkan pesawat Casa 212 untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan dengan melakukan operasi pemboman air.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top