0

Situs Web Cek Fakta Indonesia Diretas

Situs Web Cek Fakta Indonesia Diretas

Situs web pengecekan fakta umum yang dikelola media cekfakta .com diretas pada Selasa, 19 Februari, setelah situs web itu mengawasi debat presiden yang memanas pada hari Minggu, 17 Februari.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Media Cyber ​​Indonesia (AMSI) Wahyu Dhyatmika menjelaskan bahwa peretasan tersebut pertama kali diketahui ketika keluhan media sosial mulai muncul sekitar pukul 18:00 waktu Jakarta.

"Nama pengguna tidak dapat diakses ketika kami memeriksa," kata Wahyu yang merupakan salah satu penggagas situs web pada hari Selasa.

Menurutnya, DNS cekfakta.com diganti dan dialihkan ke video hantu dari youtube.com. Dia mengatakan bahwa peretas mengubah kata sandi akun nama pengguna situs web yang digunakan untuk mendaftarkan domain situs web.

"Infrastruktur Cekfakta.com sebenarnya cukup aman, celah itu hanya ada di akun yang digunakan untuk mendaftarkan domain," kata Wahyu.

Ini menandai peretasan pertama yang dialami oleh situs web pengecekan fakta setelah mengadakan sesi pemeriksaan fakta tingkat tinggi di kantor pusat Google Indonesia pada hari Minggu bersamaan dengan debat presiden yang membuat Jokowi diadu dengan Prabowo Subianto.

Manajemen Cekfakta .com telah meminta bantuan dari IDWebHost sebagai administrator domain dan berkomitmen untuk meningkatkan keamanannya. Situs web telah berjalan normal setelah Tempo mengaksesnya pagi ini pukul 07:00

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top