0

Susi: Kebijakan Penenggelaman Kapal Menambah Stok Ikan

Susi: Kebijakan Penenggelaman Kapal Menambah Stok Ikan

Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa pemberantasan penangkapan ikan ilegal yang dilakukan oleh kapal berbendera asing di Indonesia telah meningkatkan stok ikan di negara ini. Susi mengatakan bahwa stok ikan di perairan Indonesia hingga 2018, mencapai 13,1 juta ton.

"Dari hanya 12,5 juta ton pada 2016," kata Susi di Kantor Kejaksaan Agung di Jakarta pada Kamis, 14 Februari.

Sementara itu pada tahun 2020, Menteri Susi memperkirakan akan mencapai 14 juta ton, menghasilkan peningkatan ekspor ikan. Ini juga menyebabkan surplus pada neraca perdagangan produk ikan Indonesia di Q1 2018 sebesar US $ 1 miliar atau Rp14,2 triliun. "Itu sebelumnya mengalami defisit perdagangan," katanya.

Menteri  Susi  menambahkan bahwa kenaikan itu juga dicapai setelah Peraturan Presiden No. 44/2016 yang ditandatangani oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo disahkan. Peraturan tersebut mengatur bahwa hanya nelayan Indonesia dan kapal berbendera Indonesia yang diizinkan untuk menangkap ikan di perairan Indonesia. 

Hingga semester pertama tahun 2018, total nilai ekspor Indonesia mencapai US $ 2,27 miliar atau meningkat 12,88 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US $ 2 miliar.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top