0

AWAL MULA PEDAGANG OTAK-OTAK YANG MENJADI PEMINJAM BUKU GRATIS

AWAL MULA PEDAGANG OTAK-OTAK YANG MENJADI PEMINJAM BUKU GRATIS


Anton Wibowo yang dulunya adalah seorang dari pedagang saat ini sudah sukses dalam melakoni aktivitasnya  yang meminjamkan buku gratis terhadap orang lain. Awalnya ia adalah seorang pedangang penjual otak-otak yang dengan mengendarai motor bebek bututnya. Akan tetapi pada saat bulan Ramadan tiba, ia pun memutuskan untuk melakukan kegiatan ini. 

Kegiatan ini dilakukannya di Alun-alun Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap setelah salat tarawih. Anton dalam melakukan kegiatan ini juga ditemani oleh ketiga temannya. Mereka menamakan kegiatan membaca buku ini sebagai kegiatan #Sidaerja Membaca. 

Namun pada sabtu malam itu sudah lewat 20 hari semenjak Kegiatan ini dimulai. Ratusan buku yang memiliki banyak buku Novel yang ditata dengan beralaskan baliho bekas. Dia mengatakan kalau "Meminjamkan buku oleh kami bertujuan untuk beredekah ilmu," ujarnya. 

Dia pun bercerita kegiatan ini awalnya dikarenakan kesukaan membacanya. Pada saat dia berkeliling berjualan otak-otak, pada gagang motor yang Ia kendarai juga digantung kantung plastik yang berisi buku. Namun pada saat Ia berjualan otak-otak di Pabrik, Buruh-buruh disana pun tertarik membaca bukunya pada saat membeli otak-otaknya. 

Anton pun menyatakan kalau Dia sangat merasa senang ketika saat berjualan disana banyak orang yang membaca bukunya. Akan tetapi saat ini banyak juga banyak buruh pabrik yang meminjam bukunya bacaannya. Anton pun lalu mengajak Syarifudin salah satu sahabatnya untuk membuat gerakan membaca. Ide yang muncul ini saat mendekati bulan puasa membuat keputusan untuk peminjaman buku gratis.

Peminjaman buku gratis ini nantinya akan dimulai dari koleksi pribadi Anton dan Arif. Anton telah menyumbang 40 buku dan Arif juga menyumbang 10 buku. Dua teman lain, Rizki Nur guru TPQ dan Achmad Mucharor pelajar juga ikut membantu dalam kegiatan ini, Dengan adanya mereka ikut bergabung buku-buku  pun makin bertambah. Empat pemuda ini lalu memutuskan untuk bergantian mencatat buku dan para peminjam yang tertarik membaca buku. Pencatatan data ini meliputi ,nama, nomor telepon, alamat peminjam, judul buku dan juga waktu peminjaman satu buku selama satu minggu.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top